Penyesatan oleh sebuah gambar

Lukisan  Mona Lisa memang  terkenal di mata dunia. Namun agaknya lukisan terkenal karya Leonardo da Vinci itu punya saingan berat yang ada di Indonesia. Karena belum pernah melihat aslinya, saya jadi meragukan ketenaran lukisan cat minyak ini.

Mona Lisa (nona Lisa)  by Leonardo da Vinci

Mona Lisa (nona Lisa) by Leonardo da Vinci


Apa yang membuat lukisan ini begitu terkenal? Saya belum pernah melihat gaya sapuan kuasnya. Untuk warna mungkin okelah terlihat. Komposisi warnanya memang mengagumkan, itu jika saya lihat dari foto yang tersebar di Google. Entah apa pendapat saya jika saya melihatnya dengan mata sendiri. Cewek berjidat lebar itu memang terlihat anggun di bingkai itu, mungkin kharisma cewek itu memang melekat di sana sehingga banyak yang mengaguminya.

Gambar 2 buah gunung dengan matahari besar di tengahnya disertai dengan jalan panjang menuruni lereng gunung, inilah pesaing beratnya. Apakah Anda pernah melihat anak kecil menggambar dua buah gunung seperti deskripsi saya sebelumnya? Atau justru Anda yang masa kecilnya menggambar gambar ini? Saya sering kali melihat dan menjumpai gambar-gambar ini dibuat oleh anak-anak kecil. Dulu teman-teman SD saya menjulukinya dada besar . Sudah menjadi ritual dan kebiasaan yang susah di hilangkan, acapkali di suruh menggambar oleh pak guru atau bu guru yang digambar di buku gambar besar ukuran A3 itu hanya gunung, gunung, gunung dan gunung. Ya, saya juga mengalami itu.

Buku Cara Menggambar ala Pak Tino Sidin

Buku Cara Menggambar ala Pak Tino Sidin

Kebiasaan itu hilang ketika saya mulai fokus di bidang seni lukis. Guru pertama saya adalah Pak Yanto, guru lukis SD yang dulu sempat mengantarkan saya ke cabang-cabang lomba di beberapa daerah. Kemudian Pak Jarwo, guru seni lukis SMP saya yang banyak membantu saya memupuk bakat saya yang satu ini. Beliau-beliau ini yang membimbing saya melepaskan gambar gunung itu.

buku Pak Tino yang sudah berusia lanjut

buku Pak Tino yang sudah berusia lanjut

Pertanyaannya adalah siapa pencetus ide gambar gunung itu sehingga menjamur di kalangan anak-anak dan terbawa sampai sekarang? Menurut saya, kuat sekali pengaruhnya sampai bertahun-tahun gambar itu termashur sampai sekarang. Pernah saya mendapati gambar seperti ini di buku Pak Tino Sidin, salah seorang pelukis kita yang banyak memberikan cara-cara praktis untuk menggambar. Beberapa cara menggambar dimuat di sana seperti cara menggambar binatang dari huruf dan angka. Saya pernah punya buku itu.

Sosok yang terkenal dengan kata “Bagus”-nya ini memang sering muncul di tv di jamannya dulu, itu yang saya baca di beberapa artikelnya karena saya belum sempat menonton kiprahnya di layar kaca.  Acaranya tentu saja diisi sesuai dengan kiprahnya di dunia seni memodifikasi garis dan titik yang dia buat menjadi sketsa-skesa unik. Namun apakah benar jika tuduhan ini ditujukan pada Pak Tin?

Menurut saya untuk yang memang tidak bisa menggambar dewasa ini memang membantu, tetapi jika untuk anak-anak justru ini hambatan bagi mereka yang imajinasinya masih banyak. Direct sekali kalau kata saya, makanya sampai sekarang saya masih menjumpai gambar usia puluhan tahun itu.Well well well, Well known…

11 thoughts on “Penyesatan oleh sebuah gambar

  1. Ely Meyer

    gambar dua gunung terus ada jalannya itu aku punya fotonya persis (tanpa matahari) … pemandangan alam di kampungku sono 🙂

    Like

    Reply
  2. Evi

    Gambar gunung kayaknya sudah merasuk ke alam sadar kita. Saya yg gak bisa menggambar, kalau mendadak disuruh membuat gampar, pasti akan melukis dua gunung, dengan rumah, sawah dan pohon kelapa 🙂

    Like

    Reply
  3. Chita

    Iya yah, pas aku masih kecil gambarku hanya sebatas pemandangan yang berupa dua gunung dengan sawah dan rumah. Dan teman-temanku saat itu menggambar yang kurang lebih sama. Hmm… Kalau di Amrik (kebetulan sempat ikut melihat kegiatan di child care dan art class untuk anak) tiap gambar anak memiliki makna sendiri, tidak ada penilaian baku (bagus/jelek) untuk karya seni, akhirnya gambar mereka lebih bervariasi. 🙂

    Like

    Reply

Any comments? just post!

