Get focus back!

Ini adalah sedikit artikel yang saya baca dari majalah Prevention Indonesia edisi Oktober 2011 lalu.

Get your focus back!

Kehilangan konsentrasi paat membaca buku adalah wajar. Ini tidak selalu berarti mata kita kelelahan atau daya ingat menurun. “Kondisi ini desebut mindless reading. Mata terus menelusuri kalimat demi kalimat, tapi otak berhenti mencerna maknanya,” kata Jhonathan W. Schooler, PhD, profesor bidang psikologi di Universitas California di Santa Barbara. Untuk mengembalikan focus, ia menyarankan kita membaca mundur. Melihat susunan kalimat yang aneh, otak akan dipaksa untuk bekerja keras memahami artinya. Ketika daya konsentrasi kembali kuat, baca lagi paragraf yang belum kita tangkap maknanya tadi, dan kita akan lebih cepat memahaminya.

woman reading book outside

 

woman reading book outside

Saya berjanji ini adalah bulan terakhir saya untuk tidak fokus pada saya pribadi. Saya harus mengembalikan komitmen dan fokus untuk hal-hal yang lebih lebih dan lebih penting untuk saya. Salah satunya fokus membaca dan mencerna kalimat. Bulan ini saya khususkan untuk persiapan sebelum bertempur melawan ribuan soal-soal yang akan saya hadapi setiap harinya. Well, bukankah saya harus fokus untuk bisa masuk universitas itu…? Of course, this is the last chance.

Saya pernah membaca 1 novel terjemahan yang tebalnya yah cukup tebal untuk bacaan saya setiap hari. Dengan membaca buku-buku setebal ini saya bisa lebih fokus memahami setiap kalimat yang disampaikan penulis. Kira-kira bagaimana ya dengan soal-soal?

Sebenarnya apa sih kiat menaklukkan soal-soal masuk universitas? Banyak soal-soal yang katanya canggih dibuat untuk bisa masuk universitas. Saya punya setumpuk di kamar. Namun sepertinya kalau tidak belajar belajar belajar belajar belajar belajar belajar belajar belajar belajar tidak akan bisa juga. Jadi apa yang harus saya lakukan? Get focus back and study hard!!!

13 thoughts on “Get focus back!

  1. budiastawa

    Sebaiknya sebelum belajar mesti meditasi dulu 😀 Duduklah bersila, tangan rileks di atas lutut… Mata pejamkan secara ringan, jangan pikirkan apapun, fokus pada diri sendiri. Sadari diri sedang berada dimana dan sedang apa…. Bisa 5 menit sudah lumayan.

    Coba aja, Tina. Pasti ada manfaatnya.

    Like

    Reply

Any comments? just post!

