Insomnia, benarkah?

Bacanya sambil dengarkan ini ya!!

Saya kagum setiap kali melihat orang minum kopi dengan alasan supaya tidak mengantuk. Saya juga mengagumi  kopi menjadi solusi untuk membuat peminumnya tetap terjaga. Dan ritual itu dilakukan acapkali ada pertandingan seru antar kesebelasan yang memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia. Semua orang? not very many.

Saya kira agar tidak terlewatkan tontonan seru itu banyak yang melewatkan makan malam dengan menu tumis kangkung ataupun semua yang berhubungan dengan kangkung. Berdasarkan pengalaman dan pesan warisan orang terdahulu kangkung dikatakan sebagai penyebab kantuk. Mungkin karena  zat yang terkandung di dalam kangkung terdapat senyawa kimia sedative atau zat yang bersifat menenangkan. Senyawa ini akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan rileks, sehingga membuatnya menjadi mudah mengantuk. Namun yang saya bahas bukanlah kangkung atau kopi, namun saya sendiri.

Sudah lebih dari 2 minggu saya tidur diatas pukul 11 malam. Rata-rata pukul 12-1 pagi. Saya bukan orang yang sibuk dengan bermacam urusan dan permasalahan, saya tidak punya itu, namun terkadang ada sesuatu yang menyibukkan saya dengan tiba-tiba. Memang aktivitas berakhir dibawah pukul 11 malam, namun faktanya saya tidak bisa tidur sampai di ambang batas kewajaran yang sudah seharusnya menjadi waktu saya untuk beristirahat. Tidur.

Seperti apa yang saya bilang di sini,Sleeping is for everyone, right?

Kekhawatiran saya adalah jadwal saya di pagi hari yang akan terganggu, jadwal utama yang menjadi prioritas utama saat ini, yaitu belajar. Dengan tidur di jam yang sudah tergolong pagi, pada mulanya saya merasa biasa saja. Hanya saja memang terlambat bangun. Namun beberapa hari saya merasakan sakit kepala yang kategorinya mudah-mudahan biasa saja. Rasannya berat ketika digunakan untuk sujud ketika shalat. Saya mulai berprasangka, jangan-jangan ini karena efek tidur terlalu dan terlalu larut. Ketika saya membuat komitmen dengan diri sendiri bahwa hari ini akan tidur awal maksimal pukul 09.00 WIB, komitmen itu dengan mudah terpatahkan karena keinginan hati saya yang berkata lain. Saya masih ingin baca buku, masih ingin menulis, masih ingin menggambar, masih ingin ngobrol, masih ingin ini itu dan akhirnya saya tidak bisa tidur sebelum keinginan itu terlaksana. Pada akhirnya inilah yang dinamakan kurang tidur.

Menurut artikel yang saya baca, mengenai efeksamping kurang tidur tergantung pada orangnya. Artikel itu menyebutkan bahwasannya kekuranga tidur akan mempengaruhi kecantikan wajah. Pertama kantung mata membesar disertai munculnya lingkar hitam disekeliling mata. Terakhir akan muncul kerutan wajah yang tidak teratur bahkan untuk usia yang sebetulnya belum memasuki masa kerut/ keriput. Namun kembali lagi kepada orangnya, dengan kebiasaan yang sudah dimiliki cukup lama, beberapa orang akan nyaman dengan hal itu. Namun untuk yang belum terbiasa memang akan sering bangun terlambat dan mengalami penuaan dini. Saya termasuk yang belum terbiasa dengan rutinitas tidur larut malam, 2 minggu, burukkah untuk saya?

Kali ini saya musuhan dulu dengan kopi. Kangkung, I need you!!  Jadi, inikah Insomnia itu?

Advertisements

18 thoughts on “Insomnia, benarkah?

      1. Tina Latief Post author

        bisa mas..
        tinggal di semir dengan warna hitam agar engga kelihatan tua
        atau sekalian dicat warna putih semua biar dikira bule, yah biarpun wajah bukan wajah bule…:D

        Like

    1. Tina Latief Post author

      saya bukan kelelawar mas…
      kalau suruh jadi batgirl belum sanggup..monkey juga kalau tidur malam kan…
      eh, tidur engga sih?? 😀

      Like

      Reply
  1. misstitisari

    harus disiplin sama diri sendiri sih Tina, pastinya semua hal ingin dikerjakan tapi kalau sampai kasih efek buruk seperti susah tidur kan malah merepotkan nantinya. ujungujungnya malah bisa mengganggu kesehatan, mendingan mulai diatur dan disiplin lagi untuk jam tidur Tina 🙂

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      nah itu yang baru saya pertimbangkan, kalau begini satu bulan bagaimana saya nanti ya…
      hari ini mudah-mudahan bisa tidur dibawah jam 9

      Like

      Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s