Pilot-pilot wanita yang menginspirasi

Minggu lalu saya bermimpi melakukan sebuah penerbangan bersama personil Super Junior yang bulan ini manggung si Jakarta. Yang berkesan dari mimpi saya adalah bukan karena saya bisa sekelas dengan Siwon, tetapi kesan mimpi penerbangan yang saya alami benar-benar jelas. Di mimpi itu, setelah saya mendarat, saya bisa melihat helikopter dan pesawat-pesawat besar yang melintas tak jauh dari kepala saya yang saat itu mimpi membawa saya di puncak sebuah pegunungan yang memungkinkan saya untuk melihat pesawat dengan jelas.

Sempat melirik sekolah penerbangan, namun keinginan itu saya urungkan. Saya hanya ingin bisa menerbangkan sebuah pesawat atau helikopter layaknya Trudy si pilot cewek keren dalam film Avatar. Selama ini prialah yang kebanyakan menjadi pilot. Namun Amelia Earhart dan Amy Johnson berhasil membuktikan kemampuannya. Kedua cewek ini memang membuat saya semakin ingin menjajal menerbangkan si besi terbang.

Amy Johnson, wanita yang dikenal sebagai seorang sekertaris di Inggris berhasil melakukan penerbangan solo pertamanya dari Inggris menuju Australia di tahun 1930. Seperti nama perusahaan ayahnya, pesawat Gipsi Moth yang diberinya nama Jason itu berhasil dibawanya ke Australia setelah ia membayar separuh biaya pesawat.  Untuk merayakan prestasinya, Amy terbang melintasi pelabuhan Sydney dengan Fokker bermesi tiga. Amy menciptakan banyak rekor penerbangan. Selama perang Dunia II, dia menerbangkan pesawat dari pabrik ke markas skuadron. Wow..

Pilot wanita Amerika terkemuka adalah Amelia Earhart. Empat tahun setelah menjadi penumpang wanita yang melintasi Atlantik di tahun 1928, Amelia berhasil terbang solo melintasi Atlantik dengan Lockheed Vega miliknya yang berwarna merah. Amelia berhasil mencetak beberapa rekor termasuk rekor terbang di ketinggian 18.415 kaki atau setara dengan 5.613 m untuk autogiro dan penerbangan solo pertama di daratan Amerika Serikat. Tahun 1937, selama penerbangan keliling dunia, dia hilang di atas Pasifik setelah berniat mengisi bahan bakar di pulau kecil di Howland. Amelia tidak dapat ditemukan melainkan hanya pesan terakhirnya di radio “posisi meragukan”.

“Konyol” kata mom, apalagi kalau mendengar timpalan nenek. Menerbangkan pesawat atau helikopter itu susah dan berbahaya, katanya. Memang benar, bahkan mengendarai go kart saja saya masih sering nabrak-nabrak. Memang banyak yang senasib dengan Bessie Coleman yang tidak dapat meneruskan mimpinya mendirikan sekolah penerbangan yang merima Afro-Amerika akibat tewas dalam sebuah penerbangan. Yang saya bayangkan selama ini hanyalah angan-angan akan sebuah kesenangan mengarungi angkasa bersama awan-awan putih dan burung-burung bebas.

Saya memang tidak terlalu memikirkan sebuah resiko untuk terbakar atau jatuh dengan mayat tak ditemukan. Namun inilah mimpi. Bukankah setiap keinginan dan mimpi ada resikonya? apapun resikonya kalau sudah bertekad atas sebuah mimpi, apapun tidak dapat dinyatakan sebagai halangan untuk berkata tidak dan jangan. Tidak realistis kadang, tetapi mimpi itu berasal dari yang tidak real menjadi real kan..

Tugas yang bermimpi untuk me-realkannya..

3 thoughts on “Pilot-pilot wanita yang menginspirasi

  1. Ria A

    Wah bagus sekali mba ceritanya 🙂 inspiring! Memotivasi jg yg pasti 🙂 saya senaang sekali membacanya… Ayo wanita indonesia!!! Anda pasti bisa!!! Ga cm laki2 aja yg bs jd penerbang heli tp wanitapun saya yakin PASTI BISA!!!

    Like

    Reply

Any comments? just post!

