Petualangan mencari lokasi ujian SNMPTN

Jack Sparrow's compassMenjadi seorang petualang harus memiliki beberapa syarat utama seperti memiliki jiwa pemberani, berkemampuan membaca peta dan arah mata angin, sigap dalam mengambil keputusan, dan cerdik. Paling tidak inilah beberapa hal yang perlu saya siapkan sebelum saya berangkat dalam ekspedisi. Saya tidak tau bagaimana tepatnya sistem pembagian lokasinya, namun pengalaman kali ini menempatkan saya cukup jauh dari wilayah kediaman saya. Inilah yang membawa saya pada petualangan seru, Petualangan  1 Juni.

Tanggal 1 Juni 2012 adalah awal petualangan seru yang akan membawa saya ke beberapa petualangan seru selanjutnya. Bagi saya mencari jejak itu merupakan petualangan yang paling seru, namun tak mengalahkan serunya petualangan yang akan terjadi selanjutnya. Bagaimana tidak, 1 Juni adalah petualangan pertama mencari lokasi ujian SNMPTN, selanjutnya tanggal 12-13 Juni adalah petualangan bersama soal-soal SNMPTN, kemudian disusul petualangan batin di tanggal 7 Juni yang dijadwalkan sebagai tanggal pengumunan SNMPTN. Luar biasa bukan? 😀

1 Juni 2012, tanggal pertama petualangan pertama saya yaitu mencari lokasi ujian. Menurut gosip yang beredar, calon peserta ujian SNMPTN yang mendaftar belakangan alias mendaftar di detik-detik hari H akan mendapatkan lokasi ujian yang jauh dari kediaman. Namun ternyata gosip lain menyatakan bahwa semakin dekat dengan hari H, maka lokasi ujian akan semakin dekat dengan kediaman. Fakta yang saya terima, lokasi ujian saya terbilang jauh. Jakarta Pusat road to Gandaria. Wew…Dari sinilah petualangan menyusuri jejak ini dimulai.

Start pukul 08.00 dari shelter Pulomas Pacuan Kuda kemudian melewati 26 shelter busway dengan 2 kali transit, 4 kali naik angkot dan 1 kali ojek. Tiga jam kemudian akhirnya saya sampai di tujuan yang berlokasi di SMAN 106 Jakarta, Jalan Gandaria 1, Pekayon, Pasar Rebo. Setelah kesasar hampir 30 menit, saya akhirnya menemukan lokasi ujian yang letaknya jauh di pedalaman. Tidak terbayang oleh saya, sekolah yang terbilang besar itu letaknya jauh dari jalur utama jalan. Terutama plang SMA 106 berjubel dengan plang-plang yang lain membuat saya kesulitan membaca. Puas mengenali atmosfer di sana, saya berpamitan dengan penjaga sekolahnya. Tak lupa saya sempatkan membaca mantera di SMA itu, Bismillah..semoga aku lolos di ujian SNMPTN ini ya Allah, aamiin.. Tiga puluh menit kemudian saya meninggalkan lokasi sambil membuat keputusan, mencari penginapan untuk ujian besok adalah jalan terbaik. Bayangkan saja, untuk mencapai lokasi ujian saya memerlukan waktu 3 jam dengan biaya 100 ribu sekali jalan. Hebat…

Jelas, petualangan menyusuri gua atau hutan jauh lebih menyenangkan dibanding berkelana dengan asap kendaraan dan hiruk pikuk manusia disegala penjuru seperti ini. Namun kembali ke petualangannya bahwa petualangan tidak hanya terjadi di hutan. Menentukan nasib menjelang ujian adalah petualangan yang sama berbahayanya dengan ditelan singa di hutan rimba. Sama halnya petualang hutan yang memerlukan kompas untuk menentukan arah ketika tersesat di hutan, petualang seperti saya pun memerlukan kompas untuk menjadi penunjuk arah. Belajar mantap dan terus berdoa adalah kuncinya, mudah-mudahan Allah senantiasa menunjukkan jalan yang benar untuk saya. Juga menunjukkan jawaban ujian SNMPTN besok. Aamiin.. 😀

4 thoughts on “Petualangan mencari lokasi ujian SNMPTN

  1. A

    halo, semangat untuk SNMPTNnya yaaa. kebetulan saya akan ngawas SNMPTN di SMAN 106, dan domisili saya pun tak kalah jauhnya, yaitu dari daerah Kota hehehe. ditambah lagi, jam 6 uda harus tiba di lokasi, hmmm.. *jadi curcol* googling nyari cara jalan ke sana, tau2 nemu post ini hehehe. pokoknya semangaaaattt, semoga masuk di pilihan yang diidamkan 😀

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      Serius nih?
      wah makasih banyak pak (eh Anda laki-laki atau perempuan?)
      suatu kehormatan bagi saya ‘disamperin’ sama pengawas.
      AAmiiin, mudah-mudahan doa ini dikabulkan Allah untuk saya..
      Terimakasih.. 🙂

      Like

      Reply

Any comments? just post!

