Kesalahan pada soal SNMPTN

Soal SNMPTN ada yang salah, pertanda apa ini?

Saya tidak mengetahui bagaimana cara pengerjaan pembuatan soal-soal SNMPTN ini. Ternyata panitia pembuat soal bisa melakukan kesalahan. Benar mereka manusia, namun apakah semua panitia pembuat soal tidak menyadari hal itu? Bukankah waktu yang disediakan untuk membuat soal tidak sesempit waktu pengerjaan soalnya?

Entah ini sebuah keberuntungan atau apa, namun yang saya ketahui soal kemampuan dasar dengan kode 522 terdapat satu soal yang salah. Soal kemampuan bahasa Indonesia nomor 27 membuat saya terkikik ketika dalam proses pengerjaan berlangsung. Dalam opsi A-E, hanya opsi A yang masih nyambung dengan pertanyaan dan konteks soal. Saya rasa soal ini justru berkaitan dengan soal sesudahnya yang menyajikan tabel tingkat pengangguran dari tahun ke tahun dari berbagai tingkat pendidikan. Kebingungan saya mengerjakan soal ini adalah, bagaimana saya bisa memilih jawaban yang benar jika opsi yang tersedia out of contex. Satu-satunya jawaban yang bisa dipilih hanyalah pada opsi A saja. Mau bagaimana lagi?

Setelah selesai mengerjakan soal ini, saya mulai banyak-banyak berdoa. Saya harap apa yang saya lakukan pada soal itu merupakan yang terbaik yang bisa saya lakukan. Saya tidak tau apa kebijakan panitia dalam hal ini, hanya ada 3 pilihan: soal menjadi bonus, menurut pada kunci jawaban yang ada atau dihanguskan. Tentu saja sebagai peserta ujian saya pasti menuntut soal itu menjadi bonus dalam arti menjadi tambahan poin untuk saya karena seandainya jawaban saya salah itu bukanlah kesalahan saya. Saya sangat berharap akan ada kebijakan yang tepat untuk kasus seperti ini meskipun saya masih dalam mode ‘heran’, mengapa soal yang dibuat para genius ini bisa salah?

Ah sudahlah, hari pertama ujian SNMPTN telah saya lewati. Meskipun demikian, saya rasa saya sangat menikmati ujian ini, buktinya saya masih sempat ngeblog dan saling sapa dengan teman-teman di FB :D. Bukankah itu lebih menyenangkan daripada mendebatkan soal seperti ini. Mulai sekarang biarlah tangan Allah yang mengerjakan semuanya. Semoga Allah memberikan yang terbaik untuk saya. Aamiin..

 

10 thoughts on “Kesalahan pada soal SNMPTN

      1. Tina Latief Post author

        kabarnya belum tentu juga mas..
        bisa saja didasarkan pada kunci jawaban yang tersedia saat itu..

        Like

    1. Tina Latief Post author

      kata siapa itu mas??
      iya saya berharap itu jadi bonus..
      ngga adil rasanya karena itu bukan kesalahan saya..

      Like

      Reply
    1. Tina Latief Post author

      mudah-mudahan keputusan panitia mengenai soal ini tidak ikutan konyol bunda..
      mudah-mudahan menjadi keberuntungan untuk saya..

      Like

      Reply

Any comments? just post!

