Jajan di angkringan

Angkringan, awalnya saya juga tidak paham apa maksudnya. Tetapi setelah saya kenali lebih lanjut ternyata ini adalah sebuah lapak dangang yang berisi aneka makanan alakadarnya yang cara makannya nangkring. Seperti ayam yang tidur nangkring itu mungkin. Setau saya nangkring sama dengan duduk namun kaki tidak menyentuh tanah melainkan berpijak pada pijakan tempat duduk yang ada.

Malam ini, usai diospek [dibaca: dijemur ditengah teriknya matahari di bulan puasa] oleh kakak-kakak senior yang galaknya ampun deh, saya merasa lapar namun enggan makan di kantin. Sebelum sampai di kamp saya sudah message teman saya agar usai salat tarawih nanti menemani saya jajan di angkringan. Dan inilah gambarnya yang diambil dari ponselnya.

me at angkringan pondok bambu

me at angkringan pondok bambu

Angkringan ini kebetulan sudah sepi karena ketika saya datang sudah hampir pukul 00. Tempat ini dipromosikan teman saya ketika menjelang bulan puasa. Karena tidak bisa masak teman-teman yang kebanyakan cowok ini mencari alternatif lain untuk berbuka ataupun sahur. Agkringan inilah yang menjadi tujuan alternatif.

tempe bacem, telur puyuh, tahu bacem, which one do you want?

tempe bacem, telur puyuh, tahu bacem, which one do you want?

Belum lama saya kenal angkringan. Angkringan pertama kali saya kenal di Jogja, itupun ketika saya hampir pindah ke Jakarta. Kala itu saya dan genk peenggemar musik dengan group band hobby sering ngumpul di angkringan sekitar studio untuk makan-makan. Namun jangan heran kalau di angkringan di Jakarta sangat berbeda dengan yang di Jogja.

Makanan agkringan di Jogja sangatlah murah, semurah biaya hidup di sana tentunya. Dengan uang 5 ribu rupiah Anda bisa makan nasi kucing 5 bungkus lengkap dengan sambalnya atau bisa makan nasi kucing dengan lauk pauknya seperti tahu bacem, tempe bacem, gorengan, sate usus, telur puyuh dll. Selain makanan itu, angkringan khas dengan minuman susu jahenya yang sangat nikmat ketika diminum panas di cuaca Jogja yang sangat dingin kala itu. Bagaimana dengan engkringan Jakarta? Anda bisa bayangkan sendiri dengan uang 15 ribu Anda baru bisa makan kenyang. Dengan uang 5 ribu jangankan kenyang, untuk mengisi seperempat perut Anda saja mustahil.

Di Jakarta itu semua serba mahal, begitulah kata para perantau yang datang ke Jakarta. Tentu saja masih banyak yang kaget, selain barang serba mahal, suasanyanya yang bising penuh polusi mengagetkan paru-paru yang dulu masih berfungsi baik memproses udara bersih. Herannya, orang di Jakarta sangat mudah mencari uang. Kerja apa saja pasti mendapatkan uang. Namun kembali kepada harga barang yang melejit, uang setumpuk juga tidak berarti kalau biaya hidup jauh lebih mahal. Orang ekonomi bilang pendapatan nominal mungkin naik, tetapi jangan tanya realnya berapa.

Solusi cerdas menurut saya yang datang dari kawan saya dari Bakrie yang barusan mengomentari status FB saya yag membahas tentang angkringan. Anda tau mencari uang di Jakarta yang berbanding terbalik dengan biaya hidupnya. Kalau begitu rumusnya sederhana: carilah duit di Jakarta, belanjakan duit itu di Jogja….. 😀

Mudah bukan? Ah saya jadi kangen saja jajan-jajan di angkringan jogja lagi..

11 thoughts on “Jajan di angkringan

  1. Budi Arnaya

    Kira2 apa penyebabnya kok bisa murah Tin yach….oia Tin, aku biasa sarapan dengan sebungkus nasi kucing, air putih plus 2 lumpia harganya 5 ribu, siangnya baru beli nasi harga 8 ribuan. Untuk menghemat pengeluaran heeeee

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      hahaha dia sukarela waktu temenku aku suruh ambil gambar.. mungkin karena baca tulisan di kaosku itu 😀

      Like

      Reply
  2. Lili

    Ah, Jogja, Jogja, kota impianku….hanya beberapa saja saya disana tapi saya udah cinta, sampai-sampai saya berniat akan berumah tangga disana. 😀

    Like

    Reply

Any comments? just post!

