Tidak mengikuti upacara bendera peringatan HUT ke-67 RI, apakah sudah tak ada nasionalisme?

Tahun ini saya tidak mengikuti upacara bendera peringatan hari jadi ke-67 Republik Indonesia, lagi. Sebenarnya kampus mengadakan acara upacara yang digelar di depan rektorat. Bahkan acara ini pun dimasukkan dalam agenda acara yang bakal dilaksanakan maba 2012 sebagai salah satu kegiatan orientasi mahasiswa. Namun entah kenapa ketika diakhir acara OKK, upacara ini justru diumumkan sebagai acara yang tidak wajib dihadiri. Benarkah upacara bendera sudah tidak dimaknai sebagai upacara besar negara sehingga mahasiswa pun tidak wajib hadir?

Seperti yang pernah saya tuliskan mengenai ritualisme, upacara bendera yang dilakukan pagi tadi maknanya pun sudah pudar seiring dengan tingkat nasionalisme masyarakat Indonesia. Di tahun 45 hiporia upacara peringatan kemerdekaan mungkin menjelma menjadi sebuah kebanggaan, bangga karena bisa berdiri di tengah lapangan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil menghormat ke arah berkibarnya sang saka Merah Putih. Namun alangkah mirisnya jika ternyata lagu Indonesia Raya yang menjadi lagu kebangsaan negara saja tidak hafal. Dan apakah ini hanya bualan semata? Tidak. Salah seorang teman yang menjadi anggota kelompok OBM (Orientasi Belajar Mahasiswa) yang disuruh menyanyi karena terlambat masuk kelas hanya bisa diam terpaku karena tidak bisa menyanyikan lagu nasional itu.

upacara bendera peringatan 17 Agustus

 

Selain karena terik sinar matahari yang membakar [dibaca: manja], ternyata setelah dipikir ulang masyarakat kita sudah tidak yakin dengan bangsa sendiri. Menilik kebobrokan negara beserta oknum-oknum yang tak bertanggung jawab membuat masyarakat ragu, muak dan marah dengan bangsa sendiri, bahkan enggan mencintai bangsa sendiri. Dari situ muncullah keengganan untuk melaksanakan upacara bendera. Seharusnya upacara benedra dijadikan sebuah kewajiban bagi warga yang berwarganegaraan Indonesia.

”Meskipun saya bukan pribumi, namun saya sudah sejak kecil ada di Indonesia. Jadi Indonesia adalah tanah air saya,” kata Bambang Hartono (61), salah seorang peserta upacara asal Jalan Wonorejo III Surabaya di sini. Alangkan agungnya bangsa ini jika masyarakatnya memiliki kecintaan yang besar pada negaranya. Bukankah untuk memajukan negara kita harus yakin pada kemampuan negara?

Bagaimana dengan Anda?

Advertisements

5 thoughts on “Tidak mengikuti upacara bendera peringatan HUT ke-67 RI, apakah sudah tak ada nasionalisme?

  1. SlameTux

    Begitu mirisnya ya apabila nilai-nilai kemerdekaan dan penghormatan kepada negara ini sudah mulai luntur, ya mudah-mudahan saja tidak akan hilang dan bisa lebih sadar lagi akan pentingnya upacara pengibaran bendera pusaka (MerahPutih) ini.

    Like

    Reply
  2. Harmony Magazine

    Padahal dulu yang minta supaya proklamasi dipercepat itu adalah Sukarni, tokoh Mahasiswa. *meskipun Soekarno pada kenyataannya tetap menjadwalkan 17 agustus*

    Kok malah di kampus, dimana seharusnya intelektual dan nasionalisme dibangun malah ga wajib upacara bendera? *di kampung saya wajib lho, soalnya barengan sama Bataliyon Infantri 403 Yogyakarta*

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      sebenarnya ngga cuma sukarni saja sih, ketika itu golongan muda dan tua berdebat mengenai waktu pelaksanaan proklamasi. Kalau saya untuk masalah proklamasi asal sudah siap mengapa tidak dipercepat saja. Kali ini kata lebih cepat lebih baik itu menurut saya tepat. Nah kenapa tanggal 17 Agustus, kalau menurut saya itu jalan tengah saja.
      Kemungkinan besar karena tanggal 15 sudah libur mas, jadi tanggal 17 tidak diwajibkan datang..
      tapi ya kurang nasionalis sih..

      Like

      Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s