Menemukan kenikmatan saat minum teh

Kenikmatan saat minum bukan hanya sekedar pelepas dahaga tetapi juga kenikmatan rohani, betul tidak?

Seperti di negara barat, acara minum menjadi kebanggaan tersendiri, sampai mereka menjadwalkan kapan waktu minum teh, kopi, dan minum sampanye. Acara-acara istimewa merekapun tak terlepas dari ajang minum-minum. Seperti ketika menang dalam sebuah pertandingan mereka akan berkata “Mari saya traktir minum” dan bukan traktir makan seperti yang dilakukan orang Indonesia pada umumnya. Bagi mereka bisa minum minuman berkelas yang mahal adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Bahkan ada pula yang memiliki gudang minuman sendiri di rumah. Desain rumah yang memiliki sudut mirip bar adalah salah satu wujud kebanggaan mereka pada minuman. Seakan minum merupakan kebutuhan utama mereka. Siapa di dunia ini yang tidak butuh minum?

Home bars can be installed in any room of the house, you just need to put thought into the design. location, personalisation and cost.

Home bars can be installed in any room of the house, you just need to put thought into the design. location, personalisation and cost. Picture taken from here

Apa sih kenikmatan saat minum itu? Dulu saya sering melihat simbah-simbah dari era penjajahan yang sering wedangan sembari gegeni[menghangatkan diri di dekat perapian] kemudian disusul oleh banyaknya kaum laki-laki yang sering nongkrong di warkop untuk sekedar ngeteh atau ngopi. Dirumah, aneka jenis teh dan kopi menjadi sajian utama mereka baik saat santai maupun saat kedatangan tamu.  Entah suhu saat itu panas atau dingin yang tersaji adalah kehangatan secangkir teh dan kopi. Seperti fenomena yang sering saya lihat di tempat Jarwadi MJ, sajian teh dalam perabot tanah liatnya sering muncul sebagai teman setianya tatkala santai.

Jarwadi & Wedang Teh Nasgitel

Jarwadi & Wedang Teh Nasgitel

Teh Poci Special by Jarwadi

Teh Poci Special by Jarwadi

Teh Blontea dan gula batunya Jarwadi

Teh Blontea dan gula batunya Jarwadi

Lagi-lagi wedangnya Jarwadi

Lagi-lagi wedangnya Jarwadi

Uniknya adalah laki-laki tidak seperti perempuan yang lebih suka ngemil daripada minum. Laki-laki masih bisa minum dengan santai tanpa camilan atau hidangan sebagai teman minum. Sedangkan perempuan memiliki kecenderungan lebih banyak ngemil daripada minum. Mungkin ini juga faktor yang mempengaruhi perempuan mudah sekali mengalami kenaikan berat badan. Jarang sekali bukan orang yang pesan camilan tatkala berada di bar?

Saya belum pernah menemukan kenikmatan saat minum sebelum saya mengalami peristiwa yang saya duga sebagai ketagihan teh. Berawal dari seringnya buka puasa dengan teh, mulai dari teh seduhan sendiri kemudian yang kemasan pabrik. Karena waktu itu masih ospek kampus, saya jadi sering berbuka puasa di kereta. Sajian yang saya nikmati kala itu adalah sekotak teh dingin yang saya beli di stasiun. Begitu seterusnya sampai akhirnya saya sering menyeduh teh sendiri. Bahkan saya mulai mencicipi teh seduhannya kakek. Ternyata minum teh itu nikmat sekali.

Siapa yang mau traktir minum teh?

28 thoughts on “Menemukan kenikmatan saat minum teh

    1. Tina Latief Post author

      oh iya ya..
      waktu itu aku usia berapa ya? waktu itu sayangnya aku belum menemukan kenikmatan minum teh, jadi tehmu aku anggap lalu saja 😦
      Kapan aku dibuatkan teh lagi?

      Like

      Reply
  1. Irfan Handi

    Selembut apapun angin berhembus pasti pernah menebarkan debu
    Seputih apapun baju tak ada yang tanpa noda
    Sebaik apapun manusia pasti pernah khilaf dan melakukan kesalahan
    Menyambung kasih, merajut cinta, beralas ikhlas, beratap DOA.
    Semasa hidup bersimbah khilaf & dosa, berharap dibasuh maaf.
    Selamat Idul Fitri.

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      hahaha, njawani mas..
      apalagi minumnya pake perkakas dari tanah liat.. wow.. kali ini gue musti bilang wow 😀

      Like

      Reply
  2. Evi

    Aku juga suka minum teh Tina, terutama teh hijau. Namun sayangnya dari bacaan penelitian terakhir terlalu banyak minum teh hijau ternyata juga gak baik bagi yang berumur. Ah emang resek deh kalau sudah tua, Tin hehehe..

    Like

    Reply
      1. Evi

        Mungkin dulu benar Tin, tidak memasukan unsur bahwa minum teh bagi sebagian orang juga memicu alergi. Sekarang saya sering pilek kalau habis minum teh 🙂

        Like

  3. ceritabudi

    Sini datang, aku traktir minum teh 🙂 memang bener, laki-laki bisa minum tanpa ngemil…tapi kadang diganti dengan rokok, tapi saya harus ada camilannya Tin…kecuali pas kehausan heeee..

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      oh iya mas..
      kalau ngga nyamil pastinya rokok, hehehe
      saya mau sekali, apalagi kalau di Bali bisa ditraktir ayam betutu juga 😀

      Like

      Reply
    1. Tina Latief Post author

      kebetulan sama-sama onlen mas Gie.. bisa nyambung jadinya..
      iya mas, kedua minuman itu memang melegenda sih..
      terkenal pula dalam sejarah. Siapa yang engga kenal Boston Tea Party, hehehe

      Like

      Reply

Any comments? just post!

