Belum terbiasa dengan e-book

Minggu lalu saya sempat kebingungan mencari buku yang dirujuk dosen Pengantar Sosiologi dan Antropologi dalam silabusnya. Setelah saya bertanya melalui beberapa senior, ternyata buku itu tidak di cetak melainkan berupa buku elektronik (e-book).

Malam harinya ketika memasuki jam belajar, saya membuka file e-book karya Macionis terlebih dulu. Ukuran filenya cukup besar sehingga pointernya berputar cukup lama. Beberapa detik kemudian halaman depan e-book itu terbuka. Bagus, kata saya dalam hati. Wajar untuk ukuran buku yang originalnya jutaan itu. Setelah berada pada mode baca, saya mulai membacanya paragraf demi paragraf.

Belum ada 15 menit saya sudah mulai jengkel dan lelah.  Selain posisi duduk yang mulai membuat badan tidak nyaman, saya tidak bisa mencoret-coret si buku. Saya tidak bisa menandai apa yang penting juga tidak bisa menuliskan komentar. Kebiasaan saya terhadap buku cetak semenjak kecil ternyata masih sulit diadaptasikan dengan e-book yang baru saya gunakan semasa kuliah. Kesulitan lainnya, hobby saya nongkrong di kamar mandi sambil membaca buku jadi tidak tersalurkan. Betapa repotnya kalau saya membawa laptop ke kamar mandi yang tidak menyediakan layanan belajar itu. Lagipula, siapa yang belajar di kamar mandi selain saya? 😀

Saya belum terbiasa? Bukankah membaca e-book tak ada bedanya dengan membaca blog? Awalnya saya berfikir iya, tidak ada bedanya. Namun biasanya penulis blog  sudah mentranslate idenya sehingga mudah dimengerti pembacanya. Berbeda ketika membaca buku Macionis atau Kottak, selain masih berbahasa Inggris, konten bacaannya merupakan hal yang baru untuk saya.  Terkadang apa yang saya terjemahkan belum tentu sama dengan maksud si penulis.

Well, pada dasarnya saya belum menemukan cara untuk menikmati e-book. Solusi yang bisa saya gunakan saat ini hanyalah mencetak bab-bab yang digunakan di kelas saja, menurut saya itu lebih membantu saya. Atau, adakah  ide lain untuk masalah saya ini?

 

 

One thought on “Belum terbiasa dengan e-book

Any comments? just post!

