Merasa terlambat membaca

Saya benar-benar menyayangkan keterlambatan terhadap buku-buku yang saya temukan siang tadi. Tadinya saya berniat mencari buku yang menunjang penulisan paper saya di mata kuliah PPI, namun perhatian saya beralih ke sebuah judul buku yang masuk ke dalam kata kunci yang saya ketikkan di komputer.

Buku itu merupakan karangan Stephen R. Covey yang membahas mengenai 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif dalam kehidupan sehari-hari. Dulu, ketika saya masih duduk di bangku SMP, saya pernah menemukan buku sejenis di rumah seorang kawan. Namun ketertarikan saya pada buku itu belum muncul, saat itu bahasanya masih sangat sulit untuk saya pahami. Sampai pada hari inilah saya baru bisa membacanya lagi.

Yang istimewa dari hari ini adalah temuan saya mengenai isi buku tersebut. Buku tersebut sebetulnya memberikan sebuah wacana yang  sudah lumrah, akan tetapi gaya penyampaiannya yang berbeda membuat hal yang biasa itu menjadi istimewa. Seperti yang saya kutip dari bukunya,

Cinta adalah sesuatu yang Anda lakukan: pengorbanan yang Anda buat, pemberian diri Anda, seperti seorang ibu yang melahirkan anaknya ke dunia.
Jika Anda ingin mempelajari cinta, pelajarilah mereka yang mengorbankan diri untuk orang lain, bahkan untuk orang yang memusuhinya atau tidak membalas cintanya.
Jika Anda orang tua, lihatlah cinta yang Anda punyai untuk anak-anak kepada siapa Anda mengorbankan diri.
Cinta adalah nilai yang diwujudkan melalui perbuatan penuh kasih. (Covey, 2000: 53)

atau kutipan yang ini,

Jika kami ingin mengubah situasinya, kamu harus mengubah diri kami terlebih dulu. Dan untuk mengubah diri kali secara efektif, kami lebih dahulu harus mengubah persepsi kami (Covey, 2000:19)

Saya merasa terlambat membaca buku ini. Saya berandai, jikalau buku ini saya baca 4 atau 5 tahun yang lalu, kira-kira akan menjadi seperti apakah saya jika mengaplikasikan isi buku ini ke dalam kehidupan? Mungkin saya benar-benar terlambat, namun lebih baik saya membacanya sekarang sebelum saya benar-benar tidak tau.

Lets continue reading!

 

 

5 thoughts on “Merasa terlambat membaca

Any comments? just post!

