Google Drive untuk mengerjakan tugas kelompok

Tidak semua hal yang dikerjakan bersama akan terasa ringan apabila yang membantu  tidak tau apa yang harus dia lakukan. Pekerjaan menjadi lebih berat dan lebih lama selesai karena tugas pertama yang seharusnya digunakan untuk memulai pekerjaan justru digunakan untuk menjelaskan serentetan acara tentang apa dan bagaimana.

Kehadiran Google Drive yang saya kenal beberapa waktu lalu memberikan fasilitas penyimpanan dan pembagian data yang bisa diatur sesuai kehendak pemilik akun. Google Drive memungkinkan seseorang berbagi projek dengan siapapun dalam satu tampilan yang bisa dikerjakan bersama sesuai jumlah orang yang diinginkan. Dengan pedenya saya beranggapan bahwa fasilitas yang diberikan Google Drive akan mempermudah saya mengkoordinasikan tugas-tugas kelompok yang anggotanya tersebar di seluruh penjuru negeri. Menurut saya, Google Drive merupakan salah satu solusi jitu untuk menyelesaikan tugas-tugas yang keterjangkauan anggotanya terbatas.

Terhitung 3 kali saya mencoba menggunakan Google Drive sebagai sarana penyelesaian tugas kelompok bersama teman-teman di kampus namun hasilnya belum memenuhi syarat efektif yang saya harapkan. Masih banyak permasalahan yang sifatnya teknis dan aplikatif yang menjawab apa dan bagaimana itu Drive. Line chat untuk pertanyaan diskusi yang seharusnya bisa dilakukan berbarengan dengan slide tidak berfungsi karena tidak tau bagaimana menggunakannya. Akibatnya banyak window yang dibuka untuk melayani pertanyaan di luar slide. Saya menyayangkan jika kemudahan Drive justru mempersulit pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan mudah. Seharusnya, Drive bisa menjadikan tugas 1 minggu menjadi 1-2 hari saja bukan sebaliknya.

Saya rasa Google tidak asing lagi bagi siapapun, khususnya teman-teman saya, hanya saja penggunaannya saat ini masih sebatas browser dengan kata kunci tertentu sehingga fitur lainnya tidak digunakan secara maksimal. Padahal Google lebih dari mesin pencari kata kunci yang diketikkan setiap harinya.

Anggapan saya tidak sepenuhnya meleset, Drive memang sangat membantu. Hanya saja harus ada waktu tertentu untuk mensosialisasikan apa dan bagaimana Drive bekerja. Kapan?

One thought on “Google Drive untuk mengerjakan tugas kelompok

Any comments? just post!

