Laron

laronBinatang bersayap transparan ini tiba-tiba masuk ke kamar setelah petang ini jendela kembali saya buka. Ketertarikannya pada cahaya lampu kamar mengundangnya masuk tanpa diundang terlebih dulu.

Sebelum sains itu berkembang lebih modern dan dikenal masyarakat luas, laron atau anai-anai sudah menjadi sainsย  pertamanya masyarakat sejak jaman dahulu. Kehadirannya menjadi salah satu tanda datangnya musim hujan selain katak di kolam yang mulai berisik.

Dulu masyarakat sering mengumpulkan laron hingga berember-ember untuk dokonsumsi. Ember diisi air hingga setengahnya, kemudian diletakkan di bawah lampu tempat si laron beterbangan. Sifat sayapnya yang mudah rontok membuatnya mudah terperangkap di dalam ember berisi air. Laron yang terjebak tersebut dikumpulkan dan digarang hingga bulunya habis. Tak perlu bumbu, hanya ditaburi garam yang diencerkan. Setelahnya, laron bisa dimakan seperti kacang goreng.

Sayangnya, malam ini saya terpaksa mengusirnya dengan paksa. Kedatangan kelompoknya yang terlalu banyak membuat kamar saya penuh dengan bulu-bulu. Dan apakah saya mengkonsumsi laron juga? Well, saya bukan termasuk penikmat serangga atau insekta.

17 thoughts on “Laron

    1. Tina Latief Post author

      waa, ada juga ya bunda yang dibikin peyek? saya belum pernah nyobain sih, tapi ngeri kayanya lihat serangga jadi pengganti kacang hehehe

      Like

      Reply
  1. 1stoplrc

    sampai sekarang laron di tempat saya msih banyak yang nyari mbak… ya seperti yang mbak jelaskan.. biasanya diolah berbagai rupa..apalagi pas cuaca hujan pasti kalo malem banyak banget.. satu lagi.. karena rumah saya deket pemakaman.. ada mitos bahwa laron itu berasal dari kuku para mayat.. hehe.. yang pasti memang itu para laron datangnya biasanya dari tanah2 kuburan sih.. saya pernah liat sendiri soalnya…

    Like

    Reply

Any comments? just post!

