Art is…

Terkadang saya berpikir, siapakah yang disebut artis sesungguhnya?

Memang, pada dasarnya ketenaran itu tidak semata-mata diciptakannya sendiri, ada otak yang bermain di belakang namanya yang sedang tenar saat ini. Orang yang tadinya biasa-biasa saja seketika menjadi tenar setelah bertemu dengan otak-otak yang berada di balik layar itu. Bakat dan kemampuannya menjadi karya yang sangat komersil berkat orang-orang tersebut. ย Sampai terkadang saya bertanya-tanya, siapakah sebenarnya yang berkarya? Artis atau produser? Bahkan terkadang dengan ada ungkapan “Anda dapat tenar seperti sekarang itu berkat saya”. Sepertinya artis hanyalah robot yang digerakkan tangan-tangan yang seakan invisible. Tidak terlihat namun berbahaya.

Katakanlah Justin Bieber, atau SNSD atau siapapun yang baru saja tenar saat ini. Tidakkah Anda mengamati performa pertamanya dalam video klip yang dimunculkan baru-baru ini? Seperti apa mereka yang dulu sangatlah berbeda dengan yang sekarang. Justin tidak lagi seperti anak yang berusia belasan dalam kurun waktu beberapa bulan. Suara mungkin akan berbeda seiring dengan perkembangan fisiknya, namun bagaimana penampilannya? Seperti digodok dalam ketel, dipaksa untuk lekas dewasa, matang sebelum usia yang sesungguhnya. Demi memenuhi tuntutan pasar, kepribadian dan penampilan bisa berubah 180 derajat.

Kalau ada orang yang berkata “Orang yang sudah pergi ke kota, ketika pulang seperti lupa kacang” itu memang benar. Namun bukan karena semata-mata keinginan dan kesombongan pribadi, namun karena mereka dibentuk oleh pasar seperti itu. Demi bertahannya sebuah karir dan pemasukan why not?ย 

Saya jadi merindukan suara dan penampilan Justin Bieber yang seperti ini ๐Ÿ™‚

Advertisements

4 thoughts on “Art is…

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s