Tentang mengerjakan sesuatu

Ada satu hal lain yang saya pelajari hari ini. Ketika ada sebuah pekerjaan besar yang membutuhkan banyak tenaga, prinsip sistem kerja sambatan bisa menjadi sistem kerja yang tepat guna. Prinsip sambatan yang berarti banyak tenaga cepat selesai akan memudahkan pelaksanaan kerja. Dapat dimungkinkan pekerjaan akan segera selesai.

Namun saya menyadari satu hal. Ada faktor penghambat lainnya ketika pekerjaan besar tersebut telah tercukupi tenaganya. Ketika tenaga yang tersedia tidak sesuai dengan prospek kerja, tenaga tersebut tidaklah banyak berguna. Kemungkinan terbesarnya adalah pekerjaan akan semakin lama selesai dan waktu banyak yang terbuang untuk hal yang tidak diperlukan saat itu. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk menjelaskan bagaimana mengerjakan pekerjaan ini? Pertanyaan yang lebih besar adalah, mampukah seseorang atau sekelompok orang ini berkontribusi?

Seperti yang saya alami semalam. Untuk mengerjakan mural sebesar 2 lembar tripleks besar, saya memerlukan sedkitnya 2 orang yang berpengalaman dengan mural dan melukis, setidaknya yang pernah melukis. Faktanya, 4 orang yang datang sama sekali tidak bisa melukis. Pada akhirnya, Anda tau sendiri…

Saya berakhir uring-uringan… kenapa tidak ada cucu Affandi di sini??

Advertisements

9 thoughts on “Tentang mengerjakan sesuatu

    1. Tina Latief Post author

      salam sayang pak dhe..
      betul sekali, ketika saya ingin melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan bersama-sama harusnya saya memilih personel yang ahli di bidangnya ya dhe..
      sayangnya engga bisa milih 😦

      Like

      Reply
    1. Tina Latief Post author

      betul bunda..
      keahliannya memang diragukan..
      soalnya ini pekerjaan yang membutuhkan sedikitnya beberapa persen keahlian..

      Like

      Reply
  1. zilko

    Benar sekali, nggak semua pekerjaan bisa diselesaikan cepat dengan asal memasukkan beberapa orang untuk mengerjakan pekerjaan itu kan. Kalau pekerjaannya membutuhkan kualifikasi khusus, ya nggak semua orang bisa mengerjakannya. Kalau dipaksa, ya gitu deh, bukannya cepat, malah lambat dan kacau, hahaha 😀

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s