KS, Nametag, Buku angkatan, ospek telah selesai

 atribut ospek sosiologi 2012

atribut ospek sosiologi 2012

Di antara sekian banyak jurusan di UI hanya prodi Sosiologi sajalah yang menyelenggarakan ospek jurusan hingga satu semester. Mengapa?

Ospek jurusan ini dimasukkan ke dalam 3 SKS diantara mata kuliah yang saya ambil di semester ini. KS atau Keterampilan Sosial merupakan rangkaian ospek dan kuliah yang dilaksanakan 2 kali seminggu yang terdiri dari penyampaian materi oleh desen dan evaluasi dari senior Sosiologi angkatan 2010.

Tugas saya dan teman satu angkatan beragam, mulai dari membuat nametag, mengisi buku angkatan dan belajar pegabdian masyarakat. Nametag yang kami pilih sendiri dibuat 2 kali, untuk gelombang 4 minggu pertama dan minggu selanjutnya sampai genap satu semester. Buku angkatan juga dibuat sendiri. Terbuat dari kertas kosong dan setiap minggunya saya harus mengisi curhatan dan wawancara sebanyak 4 orang yang terdiri dari senior 2011,2010, 2009 dan 2008 serta seorang dosen. Jumlah keseluruhan ada 40 orang yang wajib digenapi pada akhir KS.

Ospek Sosiologi adalah ospek paling modern. Meskipun di kelas senior juga diterapkan sistem evaluasi dengan gaya seperti ospek di lapangan, tujuannya hanyalah membuat saya dkk disiplin. Pada dasarnya kami dibimbing untuk melakukan penyesuaian dengan lingkungan kampus yang tentunya berbeda sekali dengan lingkungan semasa SMA. That’s why mata kuliah ini paling istimewa diantara mata kuliah lainnya di semester ini. 🙂

Ada-ada saja pengalaman semasa KS. Yang tak terhindarkan adalah jika kami lupa memakai nametag. Karena kami yang memilih sendiri, salah jika kami sampai enggan atau lupa memakainya. Itu sebabnya kami terkena damprat dari senior :D. Yang kedua, kalau kami tidak mengisi buku angkatan tiap minggunya. Intinya, curhat itu melatih kami menulis. Dengan sistem kuliah yang mengharuskan kami banyak menulis, KS sangat membantu mahasiswa yang jarang dan sulit menulis. Bukan one write a day, setidaknya two write a week. 

Yang ter-gokil adalah ketika saya mengejar-ngejar senior dan dosen untuk diwawancarai. Bayangkan saya tugas kuliah yang banyaknya minta ampun itu masih ditambah dengan ajang mencari senior di berbagai penjuru. Kalau yang dicari ketemu itu bagus, sayangnya yang kita cari terkadang adalah orang yang sulit ditemui. Entah sibuk mengatur jadwal, mahasiswa kupu-kupu, sudah jarang masuk bahkan minta dituruti dahul permintaannya untuk bisa diwawancara. Terakhir kali saya diminta membelikan duren monthong dulu. Alamakkk :O

Yang paling parah adalah ketika saya salah mewawancarai orang. Dua orang senior yang duduk berhadapan di plasa FISIP itu mengaku dengan nama “SA”. Berpatokan pada isyarat teman, saya mengikutinya. Alhasil orang yang saya wawancarai adalah orang yang duduk di depan orang yang saya wawancarai. Grrrrr, karena teguhnya pendirian saya sampai si kakak senior itu menunjukkan KTP dan KTM sayapun masih menolak itu adalah “SA” yang asli. OMGGGGGG!! hahaha…

Puncaknya adalah kemarin ketika penutupan kelas KS. Di kelas kami dimarahi habis-habisan oleh senior karena berbagai macam alasan. What the…. saya hampir terlonjak dari kursi ketika kak Budi membentak kami. Di balik itu, ternyata saya baru ingat, hari ini adalah perayaan ulang tahun angkatan kami 2012. Di hari ini pula kami resmi melepaskan nametag dan tidak lagi mengisi buku angkatan. Lega, tidak lagi mengejar senior. Lega karena sayau dan teman-teman mulai bisa memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang lainnya.

Namun pengalaman ini akan menjadi moment yang paling berkesan selama semester satu. Saya sangat berterimakasih senior ini mau meluangkan waktunya untuk kami di saat mereka juga sibuk dengan tugas dan kuliah. Kami berharap KS akan terus ada sampai kapanpun. Bukan karena untuk balas dendam :D, tapi memang KS itu pada dasarnya membantu sekali. Saya dan teman-teman terkumpul sampai seperti ini berkat KS. KS, OKE BANGET DEH!!!

Jadi, pagi ini sudah ngga pake nametag kan? 😀 Jadi ngga sabar pengen dikejar junior “Kakak, aku mau wawancara” 😀

6 thoughts on “KS, Nametag, Buku angkatan, ospek telah selesai

  1. danirachmat

    aih. jadi kenget pengalaman pertama masuk kuliah di informatika its dulu. kami pengkaderan sampai setahun sampe ga ngaruh lagi dimarah-marahin senior. sempet ngerasain nyebur kolam, minum susu sapi segar yang baru saja diperah dan banyak banget macemnya euy.
    salam kenal. semoga kuliahnya semakin menyenangkan

    Like

    Reply

Any comments? just post!

