Susah BAB, apa solusinya?

Normalnya setiap pagi saya rutin BAB, diawali dari mulas-mulas sampai akhirnya saya memutuskan nongkrong berham-jam di kamar mandi. Akan tetapi seminggu ini saya mulai tidak rutin BAB. Saya pikir, saya mengalami masalah pencernaan. Maksud saya tentu sisa makanan yang telah dicerna kemarin seharusnya dikeluarkan esok harinya. Namun yang terjadi justru berhari-hari saya tidak bisa BAB. Rasanya lapar disaat memasuki jam-jam makan, namun ketika diisi saya menjadi sulit bernafas. Perut rasanya penuh dan membuncit. Saya jadi ngga pede mau pakai kaus yang lumayan skinny.

Susah BAB memang bukan sekali ini saja, sudah berkali-kali. Menurut beberapa artikel yang saya baca, masalah kurang lancarnya BAB disebabkan oleh kurangnya asupan serat setiap hari. Saya tau serat bisa ditemukan di dalam buah dan sayur, akan tetapi mengonsumsi dalam jumlah banyak pun masih tidak ada efeknya. Sementara solusi terbaik saat ini hanya minum pencahar sebagai alat untuk membantu melancarkan sistem ekskresi. Namun mau sampai kapan? Sedangkan saya belum tau apa efeknya terlalu banyak mengonsumsi pencahar dalam jangka waktu yang cukup lama..

Ada solusi?

3 thoughts on “Susah BAB, apa solusinya?

  1. Lidya

    buah dan sayur diperbanyak. tapi kalau kejadiannya saat mau pup gitu pascal & alvin aku suruh minum air putih yang banyak , Allhamdulilah jadi cepat keluar

    Like

    Reply

Any comments? just post!

