Uang elektronik untuk masyarakat pedesaan

Tidak sengaja tadi pagi saya melihat Mom sedang khusyu dengan berlembar-lembar uang kertas di meja. Ternyata beliau sedang sibuk membuka lembaran demi lembaran uang yang tertekuk, tergulung tidak karuan sedari belanja di warung. Bukanya ikut membantu, saya justru menertawakannya.

Bagi Mom bersama masyarakat di mana ia tinggal mungkin tidak aneh lagi dengan uang lecek. Tergulung, sobek, bahkan berbau tak sedap pun tidak masalah.  Yang menjadi perhatian saya adalah, orientasi pertama masyarakat di desa ini masih tertuju pada materi. Mereka cinta uang. Tetapi, bagaimana bisa mereka membiarkan sesuatu yang mereka cintai tidak berdaya seperti itu? Lecek, kumal, dan sobek. Berbeda sekali bukan dengan masyarakat Amerika yang begitu mencintai dollarnya. Salah seorang guru ekonomi saya berkata, masyarakat Amerika selalu berusaha menjaga keutuhan uangnya. Di sana pun disediakan layanan perbaikan dollar.

Tetapi saya tidak mengatakan masyarakat desa ini tidak sayang dengan uangnya. Justru saking cintanya mereka menjaganya sampai bentuknya kumal. Di sini, saya masih menjumpai simbah-simbah yang menyimpan uangnya di balik sabuknya [digembol], juga seseorang yang menyimpan uangnya di lipatan ujung kain. Karena takut terjatuh, hilang dan sebagainya, mereka menyimpan uangnya di tempat yang sekiranya aman. Mereka tidak berpikir uang akan berubah wujud, yang penting hanya aman.

Seharusnya masyarakat desa  yang seperti ini diberlakukan uang elektronik. Jika perlu, seseorang hanya tinggal menunjukkan sebuah kartu yang akan mengurus keperluan belanjanya. Orang tidak akan susah lagi memikirkan tempat penyimpanan uang, serta khawatir akan merusak uangnya.  Hehehe, sepertinya itu lebih mudah daripada membawa dompet. Tidak perlu lagi khawatir kecopetan.

Advertisements

One thought on “Uang elektronik untuk masyarakat pedesaan

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s