Akhirnya menerima e-KTP

Akhirnya e-ktp saya jadi. Setelah berbulan-bulan lamanya menunggu proses, akhirnya saya benar-benar ditangguhkan sebagai warga negara dan penduduk yang sah dengan sebuah bukti yaitu kartu tanda penduduk. Setelah melewati berbagai pengalaman, barulah saya sadar pentingnya kartu idendtitas.

Terhitung sejak kehilangan dompet 10 September 2012 lalu, saya tidak memiliki kartu identitas apapun baik itu KTP atau KTM. Setelah kehilangan tersebut saya menjadi kesulitan untuk mendapatkan pelayanan di kampus maupun di masyarakat. Meski sudah mengantongi surat dari kepolisian, saya tetap sulit mengakses fasilitas yang membutuhkan bukti identitas. Apesnya, petugas pemeriksaan sering parno karena saya dicurigai sebagai pelaku pemalsuan identitas.

Ketika tidak memegang kartu identitas saya jadi sulit mendapatkan pinjaman buku di perpustakaaan pusat UI yang mensyaratkan KTM sebagai alat peminjaman. Kedua, saya harus mencari surat izin jalan ke kantor polisi saat akan melakukan penerbangan kemarin agar diizinkan masuk oleh petugas bandara. Ketiga, saya tidak memperoleh fasilitas dari kelurahan setempat yang saat itu mengadakan pemberian kartu sehat. Selanjutnya, saya juga tidak dapat membuka akun rekening baru dengan alasan tidak memiliki kartu identitas. Pada saat itu, foto copy kartu identitas lama beserta surat keterangan dari kepolisian tidak dapat digunakan. Dengan kondisi seperti ini tentu saja menghambat dan memboroskan waktu banyak sekali. Saat itu perekaman e-KTP sudah dilakukan, namun seperti yang kita ketahui menunggu e-KTP jadi membutuhkan waktu yang sangat lama.

Menurut informasi, e-KTP yang sudah jadi harus diambil dengan menyertakan KTP yang lama. Jika kasusnya hilang seperti milik saya, seseorang diharuskan membuat KTP lama terlebih dahulu kemudian menukarkannya dengan e-KTP ke suku dinas. Mulanya tidak masuk akal bagi saya, mengapa KTP yang hilang harus dibuat lagi sementara e-KTP sudah jadi. Apakah surat-surat dari kepolisian tidak cukup digunakan? Jika benar demikian, artinya untuk mendapatkan kartu identitas saya harus menunggu sampai sekian lamanya lagi sedangkan keperluan sudah sangat mendesak. Merugikan sekali.

Namun saya mencoba sabar dengan mengikuti aturan yang berlaku. Untuk mendapatkan surat pengganti identitas, saya dianjurkan untuk mencari surat kehilangan dari kepolisian, pengantar RT dan RW, foto copy KK dan KTP lama. Setelah berkas lengkap, saya dipersilahkan mengunjungi kelurahan untuk menjalani proses pengambilan data diri guna mendapatkan resi pengganti identitas sementara KTP belum jadi.

Saat itu saya sengaja berangkat pagi-pagi sekali ke kelurahan. Saya berpikir selain tidak antre, mood para petugas masih bagus saat pagi. Kemungkinan saya bisa melakukan komunikasi dengan lebih baik dengan petugas

Benar. Ketika saya datang, kelurahan masih sepi pengunjung. Beberapa petugas baru saja selesai senam. Secara kebetulan saya langsung bertemu petugas dan segera dilayani. Saya pun dengan mudah melakukan dialog dengan petugas bahwa sebenarnya saya sudah melakukan perekaman data e-KTP dan telah mendapatkan surat undangan pengambilan e-KTP beberapa bulan yang lalu. Dengan alasan hilang, saya mengatakan bahwa saya tidak dapat mengambil e-KTP dan terpaksa mengikuti prosedur seperti yang saya lakukan saat itu.

Saya tidak tau angin apa yang membawa keberuntungan kepada saya saat itu. Tetapi setelah mendengar cerita saya tersebut petugas itu tergerak hatinya untuk melakukan pengecekan pada sejumlah e-KTP yang telah jadi dan menemukan nama saya. Dengan pertimbangan rekan kerjanya, akhirnya saya diizinkan untuk menerima e-KTP tersebut tanpa harus melakukan ketentuan yang saya dengar sebelumnya.

Betapa gembiranya saya saat itu. Saya pun berpamitan setelah menjabat tangan petugas yang menyerahkan e-KTP itu. Syukurlah, artinya urusan saya yang terbelit-belit bisa segera terselesaikan. Kali ini tidak boleh hilang lagi 😀

17 thoughts on “Akhirnya menerima e-KTP

  1. amcredito

    Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda dalam kekacauan finansial atau apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri?

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar tagihan Anda atau memulai bisnis yang baik?

    Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal / lembaga keuangan lain

    lembaga? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pendanaan untuk alasan apapun seperti:

    a) Personal Loan, Ekspansi Bisnis,
    b) Business Start-up, Pendidikan,
    c) Konsolidasi Utang,
    d) Keras Uang Pinjaman,

    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 3% dan dengan tidak ada pemeriksaan kredit, kami menawarkan pinjaman pribadi, konsolidasi hutang

    pinjaman, modal ventura, pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, pinjaman rumah atau pinjaman untuk alasan apapun dari kisaran $ 1.000 menjadi $ 1.000.000. Dapatkan kembali kepada kami sekarang am.credito@blumail.org

    Salam,
    Alex Moore
    Email: am.credito@blumail.org

    Like

    Reply
  2. Credit Union

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman?? Apakah Anda memerlukan modal untuk bisnis Anda atau apakah Anda perlu uang untuk meningkatkan bisnis Anda??? apapun masalah Anda mungkin, kami di sini untuk membantu karena kami menawarkan pinjaman murah dan ealy bagi perorangan maupun perusahaan. Hubungi kami hari ini di creditunion05@hotmail.com

    Like

    Reply
  3. Klara Banny Loan

    Perhatian semua pencari pinjaman!!
    Halo ,
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman?
    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan apapun kredit? Apakah Anda secara finansial khawatir ?
    Jika demikian , hubungi kami sekarang melalui alamat e -mail perusahaan di : klarabannyfinance@gmail.com :
    Kami siap melayani Anda .
    Dengan salam,
    Clara Bath
    Manager, bekerjasama

    Contact person : klarabannyfinance@gmail.com : untuk pinjaman Anda hari ini , kami siap melayani Anda .

    Apakah Anda perlu PINJAMAN sebuah ? JIKA YA Email : klarabannyfinance@gmail.com : untuk pinjaman Anda hari ini , kami siap melayani Anda .

    Like

    Reply
  4. Credit Union

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? apakah Anda membutuhkan bantuan finncial untuk memulai bisnis Anda dan juga untuk membayar utang sidik, Kami menawarkan pinjaman kepada semua orang, baik atau buruk kredit di sebuah sangat murah dan awal time.we menawarkan pinjaman dijamin untuk individu, perusahaan dan bekerjasama istilah bodie.Loan dan determinan, Kami menawarkan semua jenis Kredit geniue. Hubungi kami hari ini melalui: creditunion3@gmail.com

    Like

    Reply
  5. Mr smith

    bantuan keuangan
    Hari yang baik:

    Ini adalah untuk memberitahukan Anda bahwa dana smith perusahaan pinjaman Jerry menawarkan semua jenis
    pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Jadi Anda lelah mencari
    pinjaman dan hipotek?, Anda ditetapkan oleh bank dan lembaga keuangan
    lembaga, kami juga berlisensi perusahaan pinjaman, kami memberikan pinjaman pada cara yang sangat sederhana
    Tidak semua pelamar tertarik di dunia, terlepas dari apakah nilai kredit Anda
    100% Dijamin. Hubungi kami sekarang melalui email: smithjerryloanfirm121@yahoo.com

    Personal Information:
    Nama Anda: _______________
    Jenis Kelamin: _______________
    Tanggal Lahir: ____________
    Jumlah pinjaman yang diperlukan: ________
    Term: _____________
    Negara Anda: _____________
    Alamat Anda: ______________
    Profesi Anda: ____________
    Penghasilan: ____________
    Nomer HP: ________

    Dengan salam,
    Mr smith
    Controller / Manager Operasi keuangan.
    smith Jerry

    Like

    Reply
  6. cbrown

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? ? Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan ? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk alasan apapun ? kami menawarkan pinjaman murah dan terjangkau bagi perorangan maupun perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia di murah tingkat bunga 2 % . Hubungi kami hari ini di carrinbrown@blumail.org untuk menikmati layanan pinjaman mudah kami .

    Like

    Reply

Any comments? just post!

