Tentang Gunung Kidul

Suatu ketika saya memperkenalkan Gunung Kidul kepada teman-teman yang berasal dari lain daerah. Saya pikir biasa ketika seseorang mulai bertanya banyak ketika ingin saling mengenal lebih jauh. Maka Gunung Kidul ini menjadi salah satu cerita saya saat itu.

Mereka tahu bahwa Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten bagian dari kota Jogja, mayoritas petani dan penghasil gaplek. Yang sedikit mengejutkan saya, pengetahuan mereka tentang kondisi alam di sana sama. Tandus, kering, dan gersang. Seakan mereka mengenal Gunung Kidul sebagai wilayah dengan lahan yang tidak berpotensi.

Padahal selama sebulan liburan di sana, saya sempat disuguhkan hamparan kehijauan dan kesuburan di sana. Jika kita berjalan ke perbatasan kota Paliyan dengan Trowono, kita bisa melihat tanaman jagung setinggi hampir satu setengah meter dengan buah yang mulai berisi, hijau, terhampar berhektar-hektar.

Jika kita berjalan ke sawah, padi-padi yang baru saja di tanam sudah nampak suburnya.

Lalu, jika kita memandang jauh ke arah hutan, pegunungan panjang dan bergelombang itu tertutup oleh kehijauan bermacam-macam vegetasi yang tumbuh di iklim tropis.

 

Beberapa memang terlihat pepohonan yang merangas, tak berdaun. Namun itu hanyalah pohon yang sudah tutup usia, wajib pangkas, atau naas tersambar petir. Saya pikir apa yang saya lihat ini bukanlah seperti yang dikenal teman-teman.

Namun, memang saat itu Gunung Kidul pernah mengalami masa-masa kekeringan karena musim kemarau yang panjang. Air di sumu-sumur habis, sungai kering, tanah pecah-pecah dan tidak ada kehijauan. Saat-saat seperti ini memang bisa saja  terjadi kembali. Mungkin pula yang dilihat oleh teman-teman saya waktu itu adalah kondisi Gunung Kidul di musim kemarau panjang. Tetapi Gunung Kidul tidak selamanya seperti itu. Ada saat-saat di mana Gunung Kidul benar-benar indah. Andai teman-teman kali ini berkunjung ke sana, pasti mereka tak bosan memuji.

Yuk visit Gunung Kidul 🙂

Pictures by: Fa

6 thoughts on “Tentang Gunung Kidul

Any comments? just post!

