Pengganti upacara bendera

Senin,…

Hari pertama di awal minggu. Dulu, saya justru sering merasa malas. Hari Senin itu sama dengan berangkat pagi, upacara, panas, dan capek. Kebanyakan saya merasa tidak ada untungnya ikut upacara. Lebih banyak ngobrol, berbisik, atau sama sekali tidak hikmad. Upacara akan menjadi hal yang menyenangkan jika hal-hal seperti tidak ada amanat, pengumuman libur, atau pulang pagi menjadi berita pagi ini. Hehehe, benar-benar seutuhnya siswa. Pada intinya, upacara bendera adalah kegiatan yang mengawali hari Senin pada waktu itu.

Ngomong-ngomong, saya sudah tidak pernah lagi mengikuti upacara semenjak resmi dilantik menjadi mahasiswa. Waktu itu pernah ditawari ikut upacara peringatan kemerdekaan RI, tetapi saya tidak berangkat. Jadi semenjak lulus SMA, saya tidak pernah lagi upacara bendera. Masih adakah yang melaksanakan upacara bendera hari ini?

Sebagai gantinya, saya mencoba memperbaiki habbit. Saya ingin hari pertama di awal minggu justru menjadi tombak penyemangat selama satu minggu ke depan. Sekarang tidak ada lagi upacara dalam jadwal saya, artinya saya tidak boleh malas. Tetapi apa kiranya yang dapat menggantikan upacara bendera? Setiap pagi saya sudah membiasakan bangun pagi, mereview materi, menulis blog dan mugkin membaca buku yang lain sebelum ngampus. Cukupkah?

2 thoughts on “Pengganti upacara bendera

  1. kips

    Upacara rutin itu memang sering membuat sedikit malas, cuma kl dicermati skrg hal tsb mungkin menjadi bentuk penerapan disiplin diawal setiap minggunya. Ingat dulu banyak terkait dengan razia sepatu, rambut dll sehabis upacara ๐Ÿ˜€

    Like

    Reply

Any comments? just post!

