Too much paper

Belum lama memulai perkuliahan, laci meja saya sudah penuh dengan kertas. Cetakan tugas, laporan mandiri, fotokopi materi, cetakan presentasi, brosur. Mulanya saya mencoba memanfaatkan sisi kertas yang masih kosong untuk mencetak bahan bacaan. Tetapi sekarang semuanya bekas. Mau diapakan?

Saya membayangkan jika kertas-kertas tersebut dibuang. Habis manis sepah dibuang, begitu. Kira-kira masalah apa yang akan muncul setelah pohon dan hutan habis?

Saat ini daur ulang masih merupakan cara jitu yang digunakan untuk menanggulangi pemborosan kertas dan eksploitasi hutan. Maka kemudian muncullah pekerjaan baru di negara kita, pengumpul kertas bekas.

Aneh bukan. Di era yang hampir segala aktivitas sudah berbasis internet masih saja boros dengan kertas. Pertama, banyak oknum  pendidikanyang manja. Dengan alasan susah dibaca, dosen tidak menerima kertas tugas yang dicetak bolak-balik. Kedua, ada pula dosen yang memperkenalkan basis e-learning justru minta hardcopy tugas yang sudah diapload. Yang terakhir, tugas dan bahan diskusi banyak yang diberikan dalam bentuk hardcopy. Jelas fotokopian tidak pernah sepi.

Ada yang mengatakan, kita belum siap mengkonversi kertas/ buku ke internet. Alasannya, e-book tidak nyaman dibaca. Tidak selamanya online karena kuota terbatas dan bla bla bla. Saya akui saya pun belum menemukan kenyamanan saat membaca e-book. Terlalu lelah jika harus mengatur posisi kursor dan duduk manis di depan laptop berjam-jam. Tidak fleksibel. Tapi setidaknya kita bisa mulai dari yang kecil-kecil seperti mengurangi kebutuhan fotokopi, cetak tugas dan lebih kepada bagaimana supaya kita bisa hemat kertas dengan mengkonversi kertas ke internet.

Because, too much paper, too much rubbish, too much problems.

Advertisements

2 thoughts on “Too much paper

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s