Tentang menulis (lagi)

Jika beberapa tahun lalu orang sulit menulis, maka berbeda dengan sekarang. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan meluasnya jejaring internet, orang yang menulis akan semakin banyak. Tidak perlu lagi dibuat selebaran gerakan ayo menulis, tinggalkan tulisan untuk generasi muda dsb. Jejaring sosial seperti Blog, Facebook dan Twitter secara alami sudah mengajari kita menulis. Sekarang, menulis itu mudah. Namun menulis yang baik itu masih sama tidak mudahnya.

Kadang, entah di Facebook atau di Blog, saya sering menjumpai tulisan yang isi kontennya mirip orang yang tidak punya kontrol bicara. Fulgar, tidak ada etika (kalau sudah ada alay pasti juga ada lebay). Bikin jengkel saja.

Mungkin benar itu blog Anda. Ego Anda mengatakan itu hak Anda mau menulis apa saja. Persetan dengan orang yang mengkritik. Tapi perlu Anda ketahui, situs Anda mungkin dibaca banyak orang. Entah itu anak-anak ataupun dewasa. Mereka belajar dari sana. Dan jika yang Anda tulis adalah sampah, maka pembacanya pun akan jadi sampah. Garbage in garbage on.

Jadi sebenarnya menulis itu tidak sekedar menulis. Tidak sekedar dibaca lalu diberi komentar. Kemudian Anda tertawa terbahak dengan tinginya trafik blog Anda. Jika Anda suka menulis, jadikan tulisan Anda media untuk mendidik dan memberikan inspirasi.

Seperti halnya media yang lain, blog dan jejaring sosial di internet juga membentuk karakter bangsa.

Advertisements

4 thoughts on “Tentang menulis (lagi)

  1. Arie Pudjiarso

    Siap! Dan setuju! Tetap semangat menulis yang mampu menciptakan inspirasi positif bagi banyak orang. Dan ada sisi pelajaran yang bisa diambil di sana. Dan tetap selalu berapresiasi 😀

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s