Sama tetapi berbeda

2013-01-03 15.59.13

 

Saat libur semester bulan Februari lalu,  pemandangan ini mungkin terlihat biasa-biasa saja. Yang terlintas dalam pikiran saat itu, di hutan ini ternyata mau ditanami tanaman baru. Berarti sebentar lagi akan nampak tumbuhan baru selain kayu putih yang diberdayakan di kawasan hutan ini.

Setelah masuk kuliah lagi selama beberapa minggu, pemandangan yang sempat diabadikan oleh teman saat jelajah saat itu kembali saya buka. Yang terlintas dalam pikiran saya kini bukan sekedar masalah tanamannya saja. Muncul pertanyaan-pertanyaan baru seperti: siapakah PT Agroenergy Waterland? apa hubungan PT Agroenergy Waterland dengan pemerintah? mengapa ditengah hutan kayu putih justru akan ditanami tanaman lain? mengapa perusahaan ini berencana memberdayakan tanaman itu di hutan ini? Mengapa harus tanaman-tanaman itu? apa tujuannya? apa dampaknya bagi masyarakat? dan tentunya pertanyaan-pertanyaan lain terkait dengan intervensi kelompok modal terhadap pedesaan.

Hehe, unik ya. Meski pemandangannya sama, tapi waktu bisa memengaruhi penafsiran. Libur semester depan apa ya yang saya tafsirkan kalau saya melihat pemandangan ini lagi?

 

Advertisements

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s