Memposisikan diri di tengah narasumber

Menjadi seorang peneliti terkadang dapat melibatkan emosi Anda ke dalam dilema yang dirasakan oleh narasumber Anda. Apakah dia bahagia, apakah dia menderita, kisah-kisahnya mungkin dapat membuat seorang peneliti kehilangan arah. Bahkan mungkin menyebabkan kehilangan objektivitas. Inilah pengalaman pertama yang saya alami saat observasi di lapangan.

Sebut saja P, usia 16 tahun. Sudah hampir 3 tahun ditinggalkan ibunya ke Arab untuk menjadi TKW. Dia ditinggalkan bersama keempat adik laki-lakinya yang masih kecil yang saat itu bahkan masih ada yang berusia 1 tahun. Sejak usia itu juga ia menggantikan peran ibunya mengasuh dan mendidik adik-adiknya. Seraya membantu pekerjaan ayahnya sebagai buruh tani, P menjalani kehidupannya di desa tanpa akses pendidikan yang memadai.

Ketika mewawancarai P, rasanya saya berada dalam dimensi dunia lain. Apa yang saya pikirkan bukan lagi pada topik penelitian yang saya cari di lapangan, tetapi bagaimana membantu meringankan beban anak ini. Sederhana saja. Sebagai orang yang lebih beruntung dari P, ego saya terdorong untuk turut berbagi. Alih-alih memikirkan penelitian, saya malah jadi memikirkan apa yang bisa saya lakukan utuknya.

Beruntungnya adalah Anda benar-benar dapat memposisikan pola pikir Anda ke dalam pola pikir si narasumber. Di sisi lain, saya khawatir kalau sikap saya justru mengintervensi fenomena yang seharusnya alami terjadi. Kalau begitu kan informasi yang saya dapatkan jadi berbeda. Sebenarnya bagaimana sih seorang peneliti memposisikan dirinya di tengah narasumbernya?

[categories 2013, turlap]

4 thoughts on “Memposisikan diri di tengah narasumber

      1. Tina Latief Post author

        ah santai saja mas…
        hehe, masalahnya aku bukan motivator sih ya, jadi gimana ya. Bagaimana menginspirasi mereka kali ya..
        tapi kalau sudah menginspirasi bagaimana mereka bisa melakukan mimpinya…
        sekolah misalnya, faktanya sekolah sulit buat dia..

        Like

Any comments? just post!

