Berpikir itu juga melelahkan

Tepatnya sudah dua hari ini setiap bangun pagi tiba-tiba saja langsung terasa lapar. Padahal malamnya juga makan. Makan snack juga malahan. Jadi saya pikir tidak apa-apalah kalau sarapannya nanti-nanti. Tapi ternyata si perut tetap memaksa. Pokoknya minta segera sarapan.

Kalau dipikir-pikir, saya memang makan malam. Tapi kegiatan saya di malam hari juga masih banyak. Masih banyak membaca, menulis, dan yah sedikit banyak berpikir juga. Cuma duduk-duduk saja sih. Tapi lama-lama capek juga. Ngga percaya? Coba saja!

Kebanyakan orangkan menyepelekan. Dikira yang bikin capek cuma kerja dan banting tulang. Badan memang tidak ke mana-mana. Cuma duduk. Tapi banyangkan saja Anda berpikir yang benar. Berpikir dalam rangka menjadi benar saja sudah melelahkan. Jauh lebih melelahkan daripada mencangkul di sawah atau mengaduk adonan semen.

Kalau orang lelah karena mencangkul, kemungkinan besar dia masih nafsu makan. Nah kalau orang lelah berpikir, sakit hati misalnya, kira-kira bakal makan tidak?

Jadi jangan menyepelekan! Mikir itu juga melelahkan, Ki Sanak.

Advertisements

7 thoughts on “Berpikir itu juga melelahkan

    1. Tina Latief Post author

      wah.. kalau duitnya nyata sih engga apa-apa mba, tapi kalau khayalan kaya akuntan itu misalnya.. hihi

      Like

      Reply
  1. niee

    energi yang dikeluarkan untuk berfikir kan emang lebih besar daripada aktifitas fisik yak. Makanya aku dari kantor biasanya kecapean banget deh..

    Like

    Reply
  2. Mechta

    setuju, Diajeng… berpikir itu mengeluarkan energi juga..jadi wajar kalau setelahnya lapar juga.. hehe… semoga hasil karya pikir kita bermanfaat ya 🙂

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      terimakasih mechta.. 🙂
      makanya kalau makan juga ngga boleh sembarangan ya, energi buat otak itu penting bgt..

      Like

      Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s