Bekerja kelompok, susah atau mudah?

Kerja kelompok itu susah-susah gampang. Jika tim mudah diajak kerjasama, koorporatif, dan responsif, mungkin sama seperti filosofi jaman dulu “Dengan bersama-sama, pekerjaan yang berat menjadi ringan, cepat selesai”. Nah kalau sebaliknya? Well, kemungkinan besarnya project bisa gagal total. Bisa sih jadi, tapi biasanya cuma satu orang yang mengerjakan.

Dalam kuliah misalnya, berapa orang yang bekerja dibanding yang lebih sering ‘nitip nama’ dalam kegiatan kerja kelompok? Herannya, orang ingin mendapat hasil bagus tapi tidak mau bekerja keras. Munya terima jadi, duduk manis. Lebih herannya lagi, tidak ada perasaan gimana gitu yang membuatnya risih menikmati jerih payah orang lain. Kalau hasilnya bagus ikutan bersorak. Ngga tau malu…

Uniknya lagi, orang seperti ini sering bermimpi terlalu tinggi. Kuliah ke luar negeri, jadi ini, jadi itu, biar gajinya segitu. Ah, yang benar saja. Kalau tugas seperti itu saja tidak dikerjakan, memang bisa jadi orang hebat? Mbok ya jangan mimpi!

Sayangnya kerja kelompok itu adalah hal yang tidak bisa dihindari bagi ilmuwan sosial. Terkadang tidak ada pilihan. Jadi menghadapi orang seperti ini memang perlu sedikit sabar. Solusinya, kita harus benar-benar mengerti bahwa di dunia ini ada orang yang suka kerja keras seperti kita.

Sisi baiknya, itu menjadi pelajaran bagi kita. Jadi suatu hari nanti membuat project besar, haruslah selektif dalam memilih anggota. Atau ketika kita menjadi anggota sebuah kelompok, jangan sampai membebani orang seperti itu juga.

Memang lucu, tetapi jika hari gini ngga mau kerja keras, ya jangan mimpi.

Advertisements

7 thoughts on “Bekerja kelompok, susah atau mudah?

  1. wanda

    Hmm,,, ‎​Ђåªђåª ђåª psti ngeselin bgt pny tmen klompok yang cm titip nama….
    Sabar G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ sabar ttep aja brg org2 kyk gtu…
    ‎​†♌ƿï ywd lah,,, smoga org2 kyk qta yang ter-aniaya ini,,wkwkwk bhsane…. Lbh cpt sukses dan slalu bahagia,,, anggap aja qta ini sbg lilin yang mjd cahaya di antara org2 yang gelap pikiran’y kyk mereka…

    Like

    Reply
  2. wanda

    ‎​Ђåªђåª ђåª ,,, iya sie bner jg mereka ngeselin…. ‎​†♌ƿï apa boleh buat ?? ♍ªªυ̲̣̥μ̥ G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ ♍ªªυ̲̣̥μ̥ ttep ajah sm mereka….
    Sabar aja,, qta bagaikan lilin yang menerangi gelap dan trsesatnya mereka,, ‎​Ђåªђåª ђåª

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s