Keberweekend-nan dengan at-twitter

IMG_20130522_074643

Di namai seperti nama kitab, mungkin pula karena  Pidi Baiq memang berniat memberikan pencerahan pada ‘umatnya’ yang terlalu serius dengan dunianya. He he he. Yang jelas, setelah membaca buku ini saya tidak lagi menganggap weekend sebagai beban mengerjakan ini dan itu. Seharian kemarin saya lebih banyak meregangkan roman muka untuk banyak ketawa ketiwi bersama buku ini.

Buku yang berisi kumpulan twit @pidibaiq tahun lalu ini sekilas tidak berbobot. Saya pikir ya seperti becandaan biasa. Namun tidak juga. Perlu sedikit waktu lebih lama untuk benar-benar menangkap maksudnya. Untuk menjadi lucupun Pidi tidak asal. Ada mikirnya.

Misalnya twit yang ini

Chica: “Ayah, kenapa cinta itu tidak logis?”

Pidi Baiq: “Karena cinta itu yang masuk di hati, bukan masuk di akal”
(at-twitter hal 35)

He he he lucu kan? Tapi juga cerdas dan logis.

Sebetulnya saya tidak begitu menyukai buku humor semenjak menemukan buku dengan konten yang lebih banyak kata-kata tolol dan jorok. Namun, buku ini tidak demikian. Dan itulah bedanya buku bagus dengan yang tidak. Buku bagus akan membuat pembacanya terhibur dan bertambah pengetahuannya, bukan sebaliknya. 

Ngomong-ngomong, saya jadi penasaran kehidupan Pidi yang sebenarnya. Seperti apa mantan dosen ITB ini jika di dunia nyata… Lihat saja twitnya yang ini:

Bagiku meja, lemari, buffet, sofa, untuk apakah kubeli?
Untuk mengatur ruangan agar pembantuku tidak terlalu luas mengepel! (at-twitter hal 20)

 Aku juga rindu lari pagi. Asal jangan ada Bi Mae, tetanggaku. Takut dia bilang lagi: “Ada apa, Mas, pagi-pagi lagi?”. Nanti aku jadi harus menjelaskan apa itu jogging.

 Aku juga rindu bawa gitar menemui pengamen di depan rumah. Mengiringi dia nyanyi. Bayarannya dibagi dua lalu dia ketawa. Aku tidak. Aku serius.

Usil banget…

Anyway, masih banyak lagi kutipan-kutipan lucu Pidi yang bisa membuat roman muka serius Anda berubah. Bagi orang yang ingin merilekskan pikiran namun tetap ingin serius di akhir pekan, buku ini recomended dibaca.

5 thoughts on “Keberweekend-nan dengan at-twitter

Any comments? just post!

