Sakit, lagi…

“Tina kenapa lagi?” tanya dokter Sunny. Saya cuma nyengir. Sungguh sebenarnya saya juga tidak ingin bertemu dengan dokter hari ini atau setidaknya setelah bulan lalu saya datang mengeluh karena radang.

Jika dilihat dari rekap data kesehatan di kartu, tahun ini adalah tahun di mana saya paling sering mengunjungi dokter. Hampir setiap bulannya saya datang dengan keluhan penyakit, kemudian pulang membawa sekantung obat.

Bulan ini pun demikian. Penyakit yang terlihat seperti alergi ini memaksa saya kembali menemui dokter. Dan seperti biasa, saya pulang dengan banyak obat.

Uniknya, dari kesekian kalinya saya hadir ke pusat kesehatan dengan beragam penyakit, dokter hanya mengulang-ulang  pantangannya. Tidak boleh begadang, tidak boleh terlambat makan, jaga sistem imun. Karena dengan buruknya sistem imun, maka penyakit-penyakit ini hanya akan berputar-putar dalam tubuh saya.

Jadi sebenarnya kesehatan sepenuhnya ada di tangan saya. Bukan di makanan atau apa. Sehat dan sakit ada di tangan saya.

 

4 thoughts on “Sakit, lagi…

  1. Andy

    makanan faktor penyebab sistem imum menjadi buruk, contoh’a makanan fast food, soalnya ada penelitian’a di Harvard University
    rajin olahraga + minum air mineral yang banyak biar segar + pencernaan lancar = SEHAT

    Like

    Reply
  2. MdarulM

    Ada yang bilang sakit itu mengurangi dosa #eh tapi tetep semoga cepet sembuh ya 🙂 Sebenarnya kalau sudah tahu pantanganya yo sebaiknya dijauhi saja biar penyakitnya gak berulang 😀

    Like

    Reply

Any comments? just post!

