Lebih baik banyak pekerjaan

Sebagai mahasiswa saya tidak hipokrit kalau libur panjang adalah salah satu hal yang paling menyenangkan. Tapi saya juga khawatir liburan justru membuat saya malas. Bayangkan saja, 3 bulan loh. Bisa-bisa kepala saya bisa kosong melompong, tidak produktif dan benar-benar tidak menghasilkan apa-apa.

Tanda-tandanya saja sudah kelihatan. Bulan ini saya sudah banyak absen ngeblog. Tulisannya juga biasa-biasa saja. Padahal kalau dipikir-pikir jadi tidak konsisten. Saya kemarin perlu banyak waktu untuk ini dan itu, mengeluh kurang waktu dsb. Nah sekarang waktu sudah tersedia banyak. Pertanyaan selanjutnya, apa yang mau dikerjakan?

Statusnya memang liburan karena kegiatan belajar di kampus memang libur. Tetapi sebetulnya liburan adalah waktunya mengeksekusi ide-ide yang sebelumnya tidak sempat terlaksana di kampus karena keterbatasan waktu. Jadi liburan adalah sekaligus fasilitas untuk merealisasikan lebih banyak kegiatan.

Lagipula manusia itu akan semakin malas kalau diberikan banyak kelonggaran. Libur sehari dua hari bukannya digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat justru tidur seharian. Kan sayang. Makanya, memang lebih baik selalu banyak pekerjaan. Liburan ya sekaligus mengerjakan pekerjaan itu.

 

2 thoughts on “Lebih baik banyak pekerjaan

Any comments? just post!

