Memilih makanan sehat

Waktu jalan-jalan ke pasar Paliyan tadi, ada hal menarik dari perbincangan sejumlah ibu-ibu di dalam angkot. Mereka membahas tentang sayuran bebas pestisida. Selain rasanya lebih enak, menurut mereka sayuran bebas pestisida lebih sehat. Hanya harganya lebih mahal.

Saya senang sekarang masyarakat ini sudah lebih banyak yang tau bahaya pestisida dan bahan kimia bagi tubuh. Terutama ibu-ibu, mereka bisa makin selektif tentang pemilihan makanan sehat. Mereka bisa mempertimbangkan dampak kesehatannya bagi tubuh.

Sayangnya mereka terlambat menyadari itu. Andai mereka tau lebih awal, mungkin ibu-ibu dan keluarganya bisa jauh lebih sehat.

Seharusnya sosialisasi bahaya penggunaan pestisida dan zat kimia di dalam sayuran bisa dilakukan lebih awal. Masyarakat seharusnya tau bahwa kandungan pestisida bisa berakumulasi dan berbioakumulasike dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan beberapa gangguan sistem tubuh dan penyakit. Sekarang berapa ribu orang yang tercemari zat beracun?

Banyak memang. Dan sosialisasi nampaknya masih sebatas sosialisasi. Karena kembali lagi ke beberapa tahun silam di mana program Revolusi Hijau digalakkan. Program itu telah mendarah daging ke dalam kehidupan masyarakat di sini. Penggunaan pupuk kimia dan pestisida sudah biasa bagi mereka. Jadi kemungkinan keberhasilan sosialisasi memang tipis kecuali dilakukan lebih mendasar dan mendalam.

Untuk sekarang kemungkinan terkena dampak pestisida memang sudah pasti ada. Namun dengan sadar dan memperbaiki pola pemilihan makanan sehat mulai dari sekarang adalah lebih baik daripada tidak. Jadi, mulai pilihlah makanan yang sehat!

Advertisements

One thought on “Memilih makanan sehat

  1. Evi

    Senang deh tina menulis tentang bahaya makanan beroestisida ini, suatu saat rakyat indonesia akan seperti masyakat negara maju, care pada bumi yg dimulai dari care terhadap makanan sendiri

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s