Tentang angkutan umum Gunung Kidul

Waktu pergi belanja ke Wonosari, saya hampir tidak bisa pulang karena hampir tidak mendapat angkot. Saya lupa kalau ketersediaan transportasi umum di Gunung Kidul dengan di Jakarta itu berbeda. Meskipun matahari masih tinggi, ternyata angkot sudah jarang.

Padahal di Jakarta saya mudah-mudah saja untuk pergi-pergi. Kapanpun, entah shopping, main atau nonton, saya tidak khawatir tidak bisa pulang dalam artian karena tidak ada alat transportasi. Ketika liburan di Jogja, saya jadi lupa kalau angkutan umum tidak tersedia sampai sore. Kalau saja tadi saya tidak memaksa sopir, hampir saja tadi tidak bisa pulang.

Kondisi seperti ini sebenarnya sangat tidak nyaman. Tetapi masuk akal kalau angkutan umum hanya tersedia sampai siang saja. Prtama karena orang-orang di sini hanya bepergian di waktu-waktu tertentu saja, seperti hari pasaran atau karena kebutuhan penting atau pagi bagi anak-anak sekolah. Kedua, karena masyarakat sekarang lebih suka memiliki kendaraan sendiri. Jadi mereka lebih suka mengendarai motor daripada naik angkutan umum.

Memiliki kendaraan pribadi memang mempermudah akses mobilisasi sekaligus membanggakan bagi sejumlah orang. Tidak hipokrit, saya pun juga suka. Namun perubahan itu memberikan efek ke para sopir yang mata pencahariannya berasal dari penumpang. Penumpang menjadi makin sedikit. Makanya mereka lebih banyak ngetem dan pulang karena tidak lagi banyak penumpang. Efeknya, sedikit penumpang yang ingin naik jadi lebih lama menunggu bahkan tidak diangkut.

Sebagai penggemar transportasi umum, mungkin saya harus memahami bahka saat ini masyarakat kita sedang gemar-gemarnya menjadi penglaris perusahaan asing. Jadi kalau saya tidak diangkut pak sopir, harus tetap sabar.

 

 

3 thoughts on “Tentang angkutan umum Gunung Kidul

    1. Tina Latief Post author

      Sepertinya industri kendaraan bermotor memang mengganggu aktivitas sopir angkot mas..
      Kalau tidak ditekan, lama-lama pasti ya habis..

      Like

      Reply

Any comments? just post!

