Ramadhan telah tiba

Beberapa hari lagi memasuki bulan Ramadhan. Selain puasa, sebentar lagi orang akan mulai disibukkan dengan kegiatan masjid seperti shalat tarawih dan tadarusan. Sebisa mungkin masyarakat ingin memberikan yang terbaik untuk keperluan selama satu bulan penuh. Untuk itu, banyak persiapan-persiapan yang dilakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Anak-anak remaja masjid mulai mempersiapkan keperluan shalat tarawih seperti mencuci karpet dan penyediaan kotak infaq. Tidak lupa pembuatan jadwal kultum dan gugah sahur. Juga mulai menggiatkan kembali anak-anak untuk aktif dalam kegiatan TPA .

Anak-anak dikumpulkan dengan undangan kado silang (menukarkan kado berisi makanan) di masjid, disusul sosialisasi kegiatan selama bulan Ramadhan. Kemudian, baru dimulai kegiatan TPA dan buka bersama setiap sorenya.

Kesannya memang tidak ada kemajuan dan perubahan karena cara yang digunakan masih sama seperti generasi yang dulu. Setiap sebelum puasa, pasti kado silang dulu. Namun sepanjang cara yang mereka gunakan masih efektif dan memperoleh banyak respon, saya rasa tidak masalah. Mungkin nanti akan ada ide baru untuk menggiatkan kegiatan TPA . Atau, suatu saat nanti tanpa kado silang pun anak-anak akan dengan sendirinya sadar untuk mengikuti rangkaian kegiatan TPA.

Anak-anak remaja masjid sudah bersiap, bagaimana dengan Anda? Jangan sampai tidak mempersiapkan apapun untuk menyambut datangnya Ramadhan!

Advertisements

4 thoughts on “Ramadhan telah tiba

  1. didon

    iya ya mbak gak kerasa sebentar lagi uda mau puasa lagi..
    wah kayaknya kegiatannya rame banget ya.. full

    kalau saya hanya mempersiapkan diri untuk menahan hawa nafsu yang lebih besar 😀

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s