Panen padi kembali memuaskan

Bulan Maret lalu saya sempat ingin melihat musim panen padi di Gunung Kidul. Sayangnya tidak kesampaian karena memang bukan masa liburan. Alhamdulillah, libur semester kali ini saya berkesempatan untuk melihat panen padi masyarakat masa tanam yang ke-2 secara langsung. Kabar baik, ditengah naiknya harga BBM dan kebutuhan pokok, masyarakat di sini justru kembali menghasilkan panen padi yang cukup memuaskan.

I’m not good at taking picture. So I borrow my Fa’s picture to complete my writing. Here the picture of farmers who were harvesting rice.

Padinya ranum, menguning keemasan. Buahnya menunduk takluk tanda sangat berisi. Anak-anak banyak yang bekerja di sawah membantu mengusung panen. Sementara orang-orang tua sibuk menyabit batangnya. Sungguh pemandangan yang mengagumkan.

Meski tidak ikut andil dalam kegiatan pertanian, saya dapat merasakan bagaimana petani di desa berjuang mengupayakan yang terbaik bagi panennya yang ke dua. Setiap pagi hingga menjelang sore, terdengar sorak-sorai petani di sawah yang tidak henti-hentinya menghalau burung. Juga, petani yang seharian di sawah merawat tanaman padinya yang roboh akibat terkena angin. Tentunya mereka tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada panennya, meski itu hanya kawanan burung pipit yang mencari makan.

Kabar lainnya, musim tahun ini seakan mendukung kinerja petani padi untuk memaksimalkan hasilnya. Beberapa petani yang saya jumpai malah sudah berencana ngurit (membuat bibit padi) lagi setelah selesai merampungkan panen. Mereka berniat menanam padi untuk yang ke-3 kalinya tahun ini. Mumpung tanah masih basah…

Mudah-mudahan saja musim yang katanya kemarau basah ini memberikan kemakmuran bagi petani di sini. Mudah-mudahan hasilnya bisa mencukupi kebutuhan hidup sedang gencar-gencarnya melambung ini.

Mudah-mudahan…

Advertisements

2 thoughts on “Panen padi kembali memuaskan

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s