Berbohong kepada anak

Orang dewasa tentu tidak ingin anaknya menjadi pembohong, penipu, atau seperti yang marak saat ini, koruptor. Tapi kenyataannya orang tua tidak sadar dengan apa yang setiap harinya ia ajarkan.

Anak sebentar-sebentar dibohongi. Anak tidak mau mandi, dibohongi ingin ditinggal pergi. Tidak mau tidur, ditakut-takuti pemulung yang katanya memungut anak di dalam karung. Belum lagi kalau susah minum obat, atau tidak mau makan. Kalau berbohong tidak lagi mempan, ujung-ujungnya pasti kekerasan.

Lalu, kapan para orang tua mengajarkan nilai-nilai kejujuran pada anak?

Lucunya ada yang bilang “berbohong untuk kebaikan”. Kebaikan dari mana? Sudah tau berbohong itu dosa!

Padahal mudah saja sebenarnya menyuruh anak untuk mengikuti apa kata orang tua. Misalnya anak tidak mau mandi, ceritakan saja manfaat-manfaat mandi. Ceritakan saja keadaan yang sebenarnya bagaimana asyiknya saat mandi, apa akibatnya kalau tidak mandi. Dengan sendirinya, anak akan tertarik sendiri untuk mandi.

Kalaupun hari itu anak memutuskan untuk tidak mandi, tanya saja apa alasannya. Tidak perlu memaksa atau menakut-nakuti. Dengan demikian, anak akan belajar bertanggungjawab dengan keputusannya.

Memang, hal ini kembali lagi kepada orang tuanya. Karena jelas, orang tua berperan besar dalam pendidikan anak. Anak menjadi seperti apa tergantung orang tua. Nah, Anda ingin memiliki anak seperti apa?

Tidak ingin anak menjadi koruptor? Jangan berbohong pada anak!

 

Advertisements

One thought on “Berbohong kepada anak

  1. darkness prince

    memang itu kesalah kaprahan yang turun menurun,., biasanya kalo dikasih masukan alasananya pasti umur. mereka menganggap tindakan seperti itu sudah benar-benar tepat, meskipun sebenarnya itu pengukuhan ego secara tak langsung.tapi mo gimana lagi..gak mungkin juga kita ngedamprat orang tua sendiri, seenggaknya kita gak menurunkan karakter seperti itu saat kita jadi orang tua nanti, atau jangan-jangan kita sama saja…, nice post (0,0) d

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s