Jangan tidur sore-sore

Saya dulu selalu meragukan nasehat nenek dan kakek tentang larangan tidur sore-sore. Pikir saya saat itu, masakah harus menunggu hingga waktunya tidur? Keburu ngantuk. Tapi, tidak mengindahkan nasehat orang tua itu memang salah. Ini buktinya…

Kemarin sore, sebenarnya saya tidak berniat tidur.  Tapi berhubung sangat mengantuk, saya jadi ketiduran dengan posisi laptop menyala. Saat itu waktu menunjukkan pukul 3 lebih, dan saya tertidur hingga pukul setengah enam. Ketika bangun, badan memang menjadi segar, tapi malamnya saya menjadi tidak bisa tidur. Mata sama sekali tidak merasakan kantuk, bahkan ketika waktu telah menunjukkan pukul 2 malam, saya masih sangat awas. Inilah salah satu efeknya, di mana yang lain sudah tertidur lelap, saya masih belum juga bisa tidur.

Esok harinya, saya terlambat bangun. Biasanya bangun lebih awal, pagi tadi saya baru bangun pukul 6. Sotak saya kaget, selain harus ke kampus, saya belum sempat shalat subuh. Oh God…

Sudah seharusnya saya mengindahkan kata-kata nenek dan kakek. Tidur sore-sore ternyata efeknya buruk sekali. Memang kelihatannya sederhana di mana todur merupakan hal yang umum bagi manusia, setiap manusia perlu tidur. Namun, tidak semua tidur itu baik. Tidur juga mampu membuat manusia di satu sisi menjadi berprestasi, namun sebaliknya bisa menjadi buruk karena perilaku tidur yang tidak terkendali.

14 thoughts on “Jangan tidur sore-sore

      1. Tina Latief Post author

        hehe, di jaman modern masih ada santet ya mas..
        itu cocoknya untuk melawan belanda pada jamannya dulu

        Like

  1. indri G

    nasehat orang tua itu sebaiknya memang di dengarkan .
    kalau kata orang tua dulu pamali , kalau tidur sore-sore nanti matinya pas sore-sore mendekati waktu magrib .

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      hehehe, kalau urusan mati sih kapanpun (timingnya) tidak masalah. Hanya saja perilaku tidur sehat dan teratur memang harus diikuti..

      Like

      Reply

Any comments? just post!

