Pelayan kantin yang tidak mencuci gelas

Kemarin sore saya sengaja nongkrong di kantin asrama untuk mengikuti acara bakar-bakar dalam rangka Idul Qurban. Kebetulan, saya sedang mengamati kantin dan para pelayannya yang sedang sibuk meladeni pengunjung.

Beberapa saat kemudian, datanglah seorang satpam yang minta dibuatkan kopi. Kondisi waktu itu, pengunjung yang ingin makan masih banyak yang minta dilayani. Di sisi lain, si pelayan bingung mencari gelas karena stok gelas bersih habis.

Taukan Anda apa yang terjadi kemudian? Si pelayan asal saja mengambil gelas yang ada di meja untuk membuatkan kopi. Dengan sigap ia mengusap tepian gelas dengan maksud membersihkannya. Padahal ia tau, gelas tersebut telah saya gunakan untuk minum. Ketika saya sapa, pelayan hanya menjawab “ah biarin, asal tidak tau. Yang penting kamu engga ngomong”

What? Lalu kalau saya tidak ngomong, lalu di aman, begitu? Ini sungguh gila. Si pelayan sama sekali tidak berpikir bahwa yang dilayani itu juga manusia sama seperti dirinya. Ia sama sekali tidak berpikir bagaimana kalau seandainya gelas tersebut tertempel virus atau bakteri yang berpotensi menyebabkan penyakit? Jangan karena gelas itu bekas minumnya seorang gadis, dengan tidak mencuci gelas terlebih dulu, sungguh itu suatu penghinaan besar terhadap pelanggan.

Apakah dia akan terima juga jika giliran ialah yang mendapat perlakuan seperti itu?

Tapi dari peristiwa ini setidaknya ada tiga pelajaran besar yang saya dapatkan.

  1. Pengetahuan yang tidak dibarengi dengan moralitas itu sama saja bohong.
  2. Makanan yang paling sehat hanyalah makanan made in orang rumah
  3. Menjumpai hal-hal yang seperti ini membuat saya akan selalu parno dengan semua tempat makan. Jangan-jangan, makanan yang dihidangkan juga sisa orang lain. Yaks…
Any comments? just post!

