#BN2013, kumpul 1000 blogger

1378218_10200885355084217_1402099514_nBeruntung sekali, momen Sabtu, 30 November 2013 lalu berhasil mempertemukan saya dengan 1000 blogger (bahkan lebih) dari berbagai penjuru nusantara. Saya pun terperangah, selain karena menemukan fakta bahwa blogger di Indonesia memang banyak sekali, antusias para blogger datang ke Yogyakarta memang luar biasa.

Saking semangatnya mengikuti acara kopdar ini, banyak blogger yang nekat meninggalkan pekerjaan dan anak. Ada pula yang rela tertekuk-tekuk di bus dan kereta bahkan ngetrack dari rumah sampai ke Jogja. Sayapun termasuk salah satu dari mereka yang menunjukkan antusiasnya. Mahasiswa yang anti bolos ini akhirnya meninggalkan kuliah di hari Jumat demi datang ke acara kopdar Blogger Nusantara 2013. Oh yeah!

Dari sekian blogger yang telah lebih dulu berbagi, sayapun ingin mengisahkan cerita selama mengikuti serangkaian acara BN2013. Namun sebelumnya, saya ingin bercerita tentang asal mula saya ngeblog sampai akhirnya mengikuti acara-acara kumpul blogger seperti #bn2013 kemarin. Karena diantara yang lebih dulu berkiprah di dunia perbloggeran, saya tergolong yang muda dan jarang sekali nongol di acara kopdar.

Saat itu saya masih duduk di SMA kelas satu. Meskipun internet sudah booming, saya belum memiliki ketertarikan dengan hal-hal di dunia maya. Sampai suatu ketika saya diperkenalkan email/ surat elektronik oleh MJ (Jarwadi),  yang saat itu membuatkan saya alamat  amtina_fathullatifah[at]yahoo[dot]com, maka sayapun tau bahwa di luar sana ada akun jejaring sosial, sesuatu yang mampu mendekatkan segala sesuatu yang jauh, sesuatu yang mampu membuat orang terkoneksi tanpa batasan wilayah. Dari sinilah kemudian saya mulai mengeksplor dunia maya berbekal satu alamat email pemberian MJ.

Blog ini bukanlah yang pertama. Dulu saya mengawali belajar tulis menulis di dunia maya menggunakan domain dari multiply (yang sekarang telah dihapuskan). Namun, karena tidak sempat membackup, hilanglah semua isi tulisan-tulisan itu. Saya cukup menyesal dengan hilangnya blog itu, terutama karena di dalamnya ada sejarah di mana saya mulai belajar menulis.  Dan yang membuat menyesal lagi, blog yang dulunya bernama amtina.multiply.com itu adalah pemberian MJ beserta segenap harapannya pada saya. “Tulislah apa saja yang kamu suka di sini”, katanya dulu. Betapa tololnya saya sampai tidak sempat menyelamatkan prasasti sendiri… 😦

Sebagai bentuk perhatian saya pada hilangnya blog itu, saya mengikuti jejak MJ membuat domain di wordpress. Sayapun mulai menulis lagi, apapun yang saat itu mampir di kepala saya. Berbekal kemampuan dan pengetahuan yang masih sangat minim, saya terus ngeblog dan belajar dari blogger-blogger senior, termasuk MJ. Hingga saat ngeblog menjadi bagian dari rutinitas, saya menjadi salah seorang yang benar-benar suka ngeblog dan berusaha untuk terus ngeblog.

“Suatu saat nanti, kamu akan merasakan manfaatnya”, katanya

MJ memang tidak berbohong. Seiring datangnya perilaku rajin ngeblog, ada banyak manfaat yang saya dapatkan dari sana. Sebut saja manfaat materil yang mungkin hampir semua blogger telah merasakannya. Sebut saja manfaat pengetahuan karena saya jadi lebih mudah menemukan ide untuk paper di perkuliahan. Sebut saja manfaat persahabatan dan jaringan, karena berawal dari ngeblog saya bisa kenal dan punya banyak teman dari berbagai penjuru nusantara. Tanpa ragu, ngeblog memang memberikan banyak bermanfaat!

Tentang pertemuan dengan 1000 blogger di BN2013, saya bersyukur karena berkesempatan join dari awal hingga penutupan acara. Tidak hanya kenal dengan banyak teman, sayapun mendapatkan timing yang tepat untuk memahami uneg-uneg yang sempat membuat saya tidak nyaman beberapa waktu lalu.

Taukan Anda kalau sebelumnya saya bertanya-tanya tentang perilaku foto-foto di kalangan komunitas online saat sedang kopdar?

Hehe, pertanyaan ini bermula ketika saya mencemburui salah satu foto “berduaan” yang saya temukan di akun facebook kekasih saya (yang lebih dulu ngeblog dari saya). Dengan garang saya meluapkan uneg-uneg hati saya tanpa berpikir lebih jauh apa makna yang terkandung di dalamnya. Waktu itu saya berpikir, wajarkah seseorang yang telah menjalin sebuah hubungan melakukan hal semacam itu di belakang pasangannya? Tidak taukah bahwa tidak serta-merta seorang awam akan langsung memahami maksud yang terkandung di dalamnya?

Terlebih orang sering menyebutnya sebagai aksi ‘modus’. Dengan mudahnya saya menerima tindakan itu sebagai ajang pendekatan yang menjurus ke ‘sebuah arah’.

Tidak mau terlalu jauh berkutat dengan segala macam praduga, saya bersikukuh mengadakan penelitian di BN2013. Secara perlahan saya mulai mengamati perilaku yang dilakukan sejumlah orang dan komunitas yang ada di sana.  Tak luput dari perhatian, saya sekaligus menempatkan diri di posisi yang sama, yakni melakukan foto-foto dengan peserta kopdar, menerima ajakan berfoto, dan turut bergabung dalam sesi pengambilan foto.

Penelitian ini memang tidak sepenuhnya sempurna karena saya tidak bisa serta merta menekan gejolak dalam diri saya. Namun, ketika secara alami saya larut dalam proses yang terjadi di dalam interaksi tersebut, saya hampir tidak bisa mengelak untuk tidak menerima ajakan berfoto. Apa yang membuat saya melakukan tindakan itu bukanlah semata-mata karena dorongan narsis saya, namun ada sebuah ‘paksaan’ dari sesuatu yang tidak terlihat untuk melakukannya.

Ketika saya turut serta atau menerima ajakan berfoto, saya merasa ditempatkan pada sebuah posisi bersama dengan orang-orang lainnya. Ada rasa di mana saya dihargai di sana, entah sebagai seseorang yang akan dikenang, ataupun sebagai seseorang yang dijadikan bahan modus. He he… Begitu juga sebaliknya…

Terlepas dari hal itu, foto-foto menjadi sarana yang menjembatani seseorang untuk lebih dekat antara satu dengan yang lainnya. Terutama dengan berkumpulnya 1000an orang, tidak mungkin bukan berbicara dengan kesemuanya? Photo is another way to talk and communicate. 

Sekali lagi, blog memberikan saya manfaat. Entah apa lagi yang akan saya temukan dari ngeblog ini. Yang pasti, saya berterimakasih kepada orang pertama yang membukakan jendela ini kepada saya. Bagaimanapun juga, life is empty without blog and blogging.

Terimakasih

26 thoughts on “#BN2013, kumpul 1000 blogger

  1. Tiyo Kamtiyono

    Wah, kemarin kanapa saya nggak ngajak poto yah 😀
    Kalau buat saya itu kopdar saya yang pertama juga mbak, overall jujur saya kurang bisa membaur sih. Mungkin karena keadaan dan schedule yang kurang membawa peserta dalam sebuah acara bersama gitu kali ya. Saya juga agak minder sama seleb2 yang ada, hehe…

    Bagaimanapun, salut sama mas MJ dan kawan – kawan panitia semuanya.

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      wah itu sudah menuhin timeline twitter dan fb mas Budi..
      sengaja tidka saya app di sini. Silakan main ke fb saja 🙂

      Like

      Reply
  2. Pingback: Blogger Nusantara 2013; Perjuangan Panitia dan Kesan yang Tertinggal

  3. Pypy

    Wahh.. baru tau ada acara begini 😀 hehe.. Keren yah Tina bisa ketemu sama banyak banget blogger lainnya.. Lahh, gw kopdaran berdua aja dah seneng.. Apalagi banyak.. Seruu.. Dan bener katamu, banyak manfaat yang bisa kita dapat dari ngeblog.

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      betul mas, itu salah satu identitas yang melekat pada blogger..
      terlebih narsisme itu sudah ada sejak dulu, hanya saja caranya yg berbeda..

      Like

      Reply
  4. Sindhu

    Wah, ternyata semenjak zaman Multiply ya ngeblognya… Pantes. 😀
    Suka epilog ini : “Photo is another way to talk and communicate”.

    Polbek blog aq, Tin… 😀 tengkyu.

    Like

    Reply
      1. Sindhu

        Iya, sayang banget kalo tulisan qta ilang. Padahal gak mudah buatnya.
        Kalo di wordpress bisa dibackup. Ke Dashboard – Tools – Export.

        Like

Any comments? just post!

