Sedikit Catatan tentang Masalah Berat Badan

Menulis dengan judul seperti ini nampaknya saya tergolong wanita yang sangat peduli penampilan. Ada benarnya juga, karena begitu mendapati berat badan saya turun 4 kg, saya sempat jingkrak-jingkrak, senang.

Bagi umumnya orang di Indonesia bahkan dunia, memiliki berat badan ideal adalah impian. Hanya terdapat pada suku-suku dan orang tertentu yang menganggap kehilangan beberapa ons dari berat badannya adalah suatu musibah. Tak heran jika banyak orang melakukan berbagai macam ritual pengurusan badan dari A sampai Z demi berkurangnya beberapa kg berat badannya. 

Sebelumnya, saya memang ‘hampir’ senang dengan penurunan berat badan itu. Secara, 3 tahun silam saya juga mengalami masalah dengan berat badan. Bayangkan saja, siapa yang tidak senang jika berat badan yang Anda inginkan tiba-tiba tercapai tanpa banyak ‘tersiksa’ dengan ritual olahraga dan diet khusus? Turunnya 4 kg dari berat badan saya membuat saya bisa berpakaian seksi…

Namun saya segera menyadari bahwa kesenangan itu sebetulnya adalah hal yang memprihatinkan. Seandainya saya mendapatkan tubuh indah dengan cara yang sehat, berolahraga, mungkin lain ceritanya.

Penuruan berat badan tersebut berawal dari keengganan saya pada makan. Beberapa waktu lalu saya kehilangan nafsu makan akibat banyak tertekan, banyak pikiran, dan banyak kerumitan yang membuat otak saya kehilangan rasionalitas. Ketika hal itu terjadi, selapar apapun perut, mulut pasti akan menolak segala bentuk makanan.

Inilah yang memprihatinkan. Ternyata saya belum bisa memisahkan masalah perut dengan masalah batin. Harusnya, meski saya galau kan tetap doyan makan. Ha ha ha

Nah, kalau sudah seperti ini masih bangga? Serius, kehilangan berat badan dengan cara yang tidak sehat itu sama sekali tidak keren!

7 thoughts on “Sedikit Catatan tentang Masalah Berat Badan

    1. Tina Latief Post author

      hehe, saya jadi malu mas iwan..
      iya, rencana minggu saya mau jogging. Semoga efek kurusnya kali ini terobati oleh olahraga..

      Like

      Reply
  1. nurme

    Saya ga naik berat badan gegara suka malas makan malam.
    Ini sudah beberapa hari maksain makan malam pulang kerja plus ngemil. Sepertinya emang makan permen membuat napsu makan meningkat deh.
    Thanks idenya

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      wah, tapi jangan lupa gosok gigi dan selektif sama permennya ya Pie..
      Atau km lebih baik sedia kudapan saja kalau mau menaikkan bb..
      lebih sehat daripada permen..

      Like

      Reply

Any comments? just post!

