Foto-foto dan Masalah Eksis

Tidakkah Anda tergelitik melihat tingkah orang sekarang saat foto-foto? Awalnya saya sering terkekeh melihat aksi dan gaya yang sedikit nyentrik itu. Namun apakah perilaku ini aneh dan pantas ditertawakan? Bukankah ini hanyalah bagian dari naluri untuk eksis yang sudah ada sejak dulu?

Sepuluh tahun yang lalu, setidaknya, album foto di rumah masih merupakan kumpulan foto-foto elegan, sopan, bahkan sedikit kaku.ย Namun, semenjak album foto pindah ke jejaring sosial, entah bagaimana pose yang orang lakukan saat pengambilan gambar, gaya menempel di dinding seperti cicak, kangkang, atau pose yang memainkan banyak roman muka, sekarang bertebaran di mana-mana dan menjadi andalan untuk meraih banyak perhatian.

Orang mau saja menanggalkan rasa malu dan norma kesopanan demi sebuah pose yang sebenarnya memalukan. Semakin unik semakin menarik. Seperti orang dengan impian menjadi model yang tidak kesampaian, demi eksis apapun dilakukan.

Tetapi bukan maksud saya untuk mencela mereka yang rajin eksis, secara saya juga one of them. Saya mulai suka foto-foto dan juga mengunggahnya di jejaring sosial sejak saya mulai eksis menggunakan jejaring sosial. Saya juga merupakan bagian dari komunitas yang sering foto sana-foto sini,ย nampang sana-nampang sini. Bagi blogger dan komunitas onliner, foto-foto adalah bagian penting yang sudah menjadi bagian dari kebutuhan. Sudah menjadi identitasnya. Justru kalau tidak melakukannya malah terkesan aneh.

Lagipula, naluri untuk tampil dan eksis bukan ada baru-baru ini saja. Keinginan untuk eksis sudah ada sejak dari jaman nenek moyang. Mediumnya saja yang berbeda.

Misalnya, dulu saat di sekolah, saya lebih banyak mengikuti kegiatan organisasi dan berbagai ekstrakurikuler di sekolah. Atauย misalnya ketika aktif bertanya pada pada guru saat di kelas. Tujuannya untuk eksis juga..

Ketika ibu-ibu banyak mengikuti arisan, bukan hanya satu arisan malah, tapi banyak arisan. Tujuannya? eksis!

Jadi sebenarnya fenomena foto-foto yang sekarang ini memuncakpun bukan hal aneh. Biasa saja. Mungkin di lain waktu bukan lagi foto-foto dengan gaya alay atau nyentrik yang jadi medianya. Mungkin sesuatu yang lain yang lebih dan lebih menarik perhatian.

Advertisements

2 thoughts on “Foto-foto dan Masalah Eksis

  1. Pypy

    iya sih, beda jaman beda pose nya yah :p Skrg sih emang lucu kalo liat pose mama ku waktu muda (dan mungkin semua yg seangkatan dgnnya). Rambut kriting panjang, diri diatas tempat tidur, pake kaos putih dimasukkan ke celana jeans panjang.. haha..kocak :p

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s