Persiapan Liburan di Tengah Cuaca Ekstrim

pawang hujan ngaypgjazz

Sapu penolak hujan Ngayogjazz by Jarwadi

Sudah hampir menjelang Natal dan Tahun Baru namun hujan tak kunjung reda. Itu artinya agar bisa menikmati totalitas liburan, saya harus mempersiapkan segala sesuatunya agar tetap survive di tengah cuaca yang ekstrim ini.

Tinggal di Depok sebagai wilayah yang dekat dengan kota hujan, bagi saya sudah biasa bila mendapati turunnya hujan di musim yang bukan musim penghujan. Namun, mendapati cuaca di Jogja yang ternyata masih kerap turun hujan, tentu ini menjadi kondisi yang berbeda.

Apalah artinya liburan kalau badan sakit-sakitan. Aktivitas yang akan dilakukan selama liburan mungkin penting diperhatikan untuk membuat liburan menjadi berkesan dan menyenangkan. Namun jangan lupa bahwa kondisi badan perlu diperhatikan. Jangan sampai senang-senang seharian, tapi sakit berhari-hari kemudian. Kalau mau aman dan enjoy liburan, tentu harus melakukan beberapa persiapan. Terutama persiapan yang mendukung daya tahan tubuh.

“Seperti orang kulakan obat”, mungkin inilah pikiran yang terbesit di dalam kepala penjaga kasir yang melayani saya saat di Hipermart. Sebelum melangsungkan penerbangan ke Jogja, saya sempatkan membeli beraneka jenis obat-obatan ringan yang mampu mendukung daya tahan. Sifatnya ada yang menghangatkan, juga ada yang memberikan kekebalan. Sengaja saya beli keduanya ditambah beberapa obat lainnya agar selalu tersedia jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Di antara obat-obatan yang saya beli, ada pula jenis obat yang sifatnya menyembuhkan. Apesnya kalau daya tahan tubuh memang sedang tidak bagus, potensi untuk flu dan masuk angin menjadi lebih besar. Kalau sudah terkena flu atau masuk angin, tidak ada jalan lain selain berusaha mengobati.

Sebagai cacatan, bagi Anda yang masuk angin tetapi tidak suka minum obat, ada tips yang dapat digunakan untuk meredakan masuk angin yang saya dapat dari tulisan Jarwadi. 

Memang, lebih baik mencegah daripada mengobati. Mudah-mudahan saja, besok akan lebih banyak cuaca yang cerah di Jogja sehingga ada porsi waktu yang bisa digunakan untuk berolahraga dan menghangatkan badan.

Bagi Anda yang bersiap-siap liburan, jangan lupa mempersiapkan kesehatan pula. Jaga perilaku hidup sehat dan sediakan selalu obat-obatan pendukung daya tahan di rumah. Karena kita tidak tau hujan masih akan turun atau tidak meski sudah ada pawang hujan andal sekalipun. Hehehe…

Nah temans, selamat berlibur!

Advertisements

8 thoughts on “Persiapan Liburan di Tengah Cuaca Ekstrim

  1. Pingback: Masih Manjurkah Kepercayaan Orang Jawa Ini? Kalau Iya, Mungkin Kamu Sedang Mujur

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s