Usia bukan halangan untuk bisa

Saya kagum dengan semangat orang-orang tua (sepuh) yang berusaha untuk terus aktif mengisi kegiatan kesehariannya. Tidak peduli seberapa sulit dan mustahilnya aktivitas itu dilakukan, tidak ada yang bisa menghalangi niatan mereka untuk tetap mencoba melakukannya. Setidaknya ini yang saya lihat pada orang-orang jawa.

Semalam saya khusu sekali menyimak mom membaca quran. Tanpa disangka, akhirnya mom kesampaian juga keinginannya untuk bisa membaca quran dengan dilagukan/ qiroah setelah berbulan-bulan belajar bersama anak-anak tpa. Saya merasa heran sekaligus bangga. Di tengah kesibukan pekerjaan dan usianya yang makin lanjut, mom masih bisa mengatur waktu dan mau belajar bersama anak-anak remaja.

Padahal saya sering meremehkan orang-orang tua yang di usia tuanya masih aktif bekerja, tidak tanggung-tanggung seperti meladang dan beternak. Mengapa mereka tidak beristirahat saja dan membiarkan anak mereka mengurus segala kerepotannya?

Nyatanya tidak demikian…

Ini yang patut dicontoh anak-anak muda. Kalau yang tua saja masih bersemangat dan berusaha memaknai hidup sebaik mungkin, mengapa kita tidak? Bahkan usiapun bukan halangan untuk bisa.

Any comments? just post!

