How could we don’t judge from its cover?

donatku
Sebuah pepatah mengatakan, “don’t judge a book from its cover”, jangan menilai sebuah buku dari sampulnya, atau secara denotatif bermakna jangan menilai sesuatu dari tampilan luarnya karena penampilan tidak mencerminkan yang sebenarnya alias menipu.

Ada benarnya, mengingat sekarang ini banyak sekali penipuan berkedok penampilan. Misalnya seseorang yang berpenampilan alim, namun ternyata seorang bajingan. Tampilannya cantik, ternyata sudah tidak perawan.

Namun, kita juga layak kritis dengan pepatah ini. Bagaimana bisa kita menilai sesuatu jika tidak melihat tampilannya terlebih dahulu?

Kalau diingat-ingat lagi, alasan saya membeli donat kemarin bukanlah soal rasanya, karena sebelumnya saya belum pernah sekalipun mencicipinya. Namun saya menjamin alasan pertama sebagian besar orang memutuskan membeli donat ini adalah karena daya tarik yang muncul dari topping yang lucu dan menggemaskan itu. Lihat saja kreasi topping/ hiasan bagian atasnya itu. Menarik bukan? 

Karena si penjual donat tidak menyediakan tester pada pengunjung, tentu keputusan seseorang membeli donat ini lebih banyak dipengaruhi oleh sihir kreativitas si penjual dalam mengolah ‘rupa’. Apalagi donat ini hanyalah ‘donat-donatan’, bukan sebuah makanan bundar, manis bermerk Jco atau Dunkin.

Jadi, ketika membeli pastilah orang akan menilai dulu dari tampilannya. Soal rasa dan selebihnya pasti nomor dua. Mereka hanya berbekal baik sangka kepada makanan bundar berlubang ini.

Kalau sudah begitu bagaimana kita tidak men-judge dari covernya?

Advertisements

3 thoughts on “How could we don’t judge from its cover?

  1. zilko

    Aku setuju, walaupun pepatah itu benar sekali (karena yang nampak itu belum tentu sesuai isinya), bagaimana pun penampilan itu penting kan 😉 . Terutama untuk first impression. Kan ada pepatah lain yang bilang “first impression lasts forever” 🙂 .

    Like

    Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s