Balada Pembunuhan Ular Python

Ular Python yang baru beranjak dewasa itu akhirnya bernasib naas setelah berkali-kali dihantam bambu.

Pagi tadi, sekitar pukul 9, sesosok bayangan mencurigakan tiba-tiba mengejutkan saya yang tengah serius menekuni pekerjaan. Mulanya saya mengira bayangan yang nampak dari celah pintu yang tidak simetris itu pastilah anak ayam yang sering berusaha masuk emperan rumah. Namun, setelah diamati dengan seksama, gerak gerik bayangan tersebut semakin tidak menunjukkan ciri-ciri anak ayam. Dari balik jendela di mana saya mengintip, nampak seekor binatang melata nan berbisa itu sedang memaksa masuk rumah melalui celah pintu yang memang tidak dikunci.

Mungkin sudah digariskan oleh Yang Kuasa, ular-ular yang singgah ke rumah ini pasti bernasib malang. Beberapa bulan lalu, tepatnya saat bulan Ramadhan, kami juga terpaksa membunuh ular Kobra yang tengah berusaha melarikan diri setelah berhasil menggigit anak ayam. Dan sekarang Python ini. Seakan-akan ular-ular ini memang sengaja marani gebug (mendatangi bahaya). Seakan tidak ada jalan lain selain singgah ke hunian manusia.

Kobra yang dibunuh usai menggigit anak ayam

Padahal, jika ular-ular ini ingin makan, bukankah ada sawah dan ladang tempat di mana mereka bisa berburu dengan lebih bebas dan aman. Lantas mengapa rumah manusia yang ancaman bahayanya lebih tinggi menjadi tempat yang disambanginya?

Mungkinkah sawah dan ladang sekarang ini lebih berbahaya daripada tempat tinggal manusia? Mengingat aktivitas penggunaan pestisida yang kian meningkat, agaknya inilah penyebabnya mengapa banyak ular berusaha masuk rumah.

Advertisements

17 thoughts on “Balada Pembunuhan Ular Python

  1. mechta

    hii… mrinding lihat ular2 itu…meski hanya gambarnya… oya, dulu pernah dengar petuah klo bunuh ular pastikan matanya dirusak.. katanya agar pasangannya tak membalas dendam… entah betul apa tidak.. blom pernah membuktikan, hehe…

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      kalau itu saya belum pernah dengar mba, tapi tadi pawangnya bilang kalau sampai ekor ular itu menyentuh kepalanya ularnya bisa hidup lagi hehe..

      Like

      Reply
      1. Tina Latief Post author

        tadi ada videonya Tik, tapi udah aku hapus..
        sewaktu aku amati dia memang pingsan awal mulanya, tetapi badannya kemudian meliuk-liuk. Lihat deh foto ularnya, kan sampai terbelit-belit begitu badannya. Itu dia yang bergerak membentul pola seperti itu..

        setelahnya aku ngga tau, pasalnya langsung dibunuh. Mungkin ada taraf kesakitan tertentu yang bisa bikin dia bangkit lg..

        Like

    1. Tina Latief Post author

      Sepertinya akan ada terus mas..
      Selama rumah ini dianggap friendly sama ular, entah kenapa, pasti ularnya main ke sini

      Like

      Reply

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s