Kapan Nulis? Kapan Ngeblog?

Saya suka menulis di malam hari. Karena malam hari adalah waktu yang lebih fleksibel untuk digunakan mengerjakan apa saja. Tidak ada pekerjaan rumah yang harus dikerjakan dan Mom lebih cepat tidur.

Selain itu, entah mengapa saya kurang puas dengan tulisan di pagi hari. Seperti bebal tiba-tiba, rasanya ide saya tidak tertata dengan baik justru saat pagi. Padahal seharusnya pagi itu memberikan banyak inspirasi, bukan begitu? Saya justru sebaliknya. Lebih produktif di malam hari daripada pagi hari.

Mungkin karena peran kewanitaan saya (jangan dibaca macam-macam loh ya!) dituntut lebih aktif di pagi hari makanya pikiran saya langsung melayang ke mana-mana. Pagi-pagi saya harus membantu Mom menyapu, mencuci piring, memasak, dan lain sebagainya. Belum pekerjaan lain yang akan menyita banyak waktu untuk memegang gadget. Makanya saya lebih suka menulis malam-malam.

Malam di tanah Jogja terasa damai. Tidak ada suara-siara berisik yang mengganggu konsentrasi. Berbeda dengan di Jakarta yang hingga malampun masih terdengar suara-suara bising kendaraan. Setiap malam di Jogja, hanya ada saya dan laptop yang setia ber-tak-tik-tak ria dengan ide yang bebas berkembang. Hanya sesekali terdengar suara kodok memanggil hujan dan tokek yang biasa berbunyi di atap. 

Sebagian besar tulisan di blog inipun saya tulis saat malam hari. Termasuk tulisan ini, saya tulis setiap katanya di tengah suasana malam yang sunyi dan tenang. Saya tulis semuanya di saat yang lain sudah tertidur pulas. Kemudian saya baru mempostingnya di pagi harinya saat semua sudah terjaga dan haus akan bahan bacaan.

Nah Anda? Kapan Anda menulis dan ngeblog?

36 thoughts on “Kapan Nulis? Kapan Ngeblog?

  1. Pakies

    Saya justru seringkali habis subuhan nulis. Kebetulan sebelum subuh saya punya kebiasaan mandi dan minum air putih segelas gede, jadi sepulang dari masjid badan sudah bener-bener seger. Kalo malam, justru saya gunakan segera mengistirahatkan badan.

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      kalau mandi setelah subuh saya takut masuk angin mas, di jogja dingin sekali..
      saya kalau malam juga beristirahat, tiduran sambilan menulis 😉

      Like

      Reply
  2. anna

    gak mesti sih.. kapan ada mood aja.
    kadang kalo pas mood bagus, bisa punya banyak stok tulisan.. tapi kalo lagi gak mood ya gini.. tulisan terakhir kapan, tulisan terbaru kapan.. 🙂

    salam kenal Tina

    Like

    Reply
  3. aqied

    aku lebih sering jelang pagi, terutama kalo insomnia kambuh.
    kadang juga kalo lg budrek sama kerjaan *ups jangan kasitau bos*, tp kalo pas ini gak mesti langsung selesai. sedikit2 ngendap di draft

    Like

    Reply
  4. Lorraine

    Hallo Tina,

    Kunjungan balik. Biasanya saya nulis malam hari. Kalo siang hari dapet inspirasi saya tulis kata kuncinya didraft. Malamnya atau Weekend baru saya tulis lengkap. Setelah itu posnya saya schedule deh untuk diterbitkan

    Like

    Reply
    1. Tina Latief Post author

      Hi..
      wah kita sama ya.. iya, biasanya ide siang yang bentuknya masih kata kunci gitu saya ingat-ingat dulu. Malamnya kalau sudah tidak repot baru saya tulis..
      dan memang lebih enak kalau postnya dijadwalkan 🙂

      Like

      Reply

Any comments? just post!

