Masalah Lingkungan di UI

Beban UI terkait lingkungan semakin tinggi. Terutama danau, selain menjadi penampung debit air yang mengalir dari selokan warga di daerah sekitar, danau UI juga menampung sampah yang ikut hanyut bersamaan dengan air yang mengalir di selokan.

Mulanya saya ragu menyebut sampah-sampah yang bermuara di danau itu berasal dari masyarakat sekitar. Apakah UI membiarkan penduduk sekitar masuk untuk membuang hajatnya di sana? Namun, keyakinan saya meningkat tatkala selokan-selokan di kampus terbukti mampat oleh sampah-sampah yang tidak biasa seperti seenggok bangkai binatang ternak dan sampah-sampah lainnya yang seharusnya tidak berasal dari kampus. Warga mungkin tidak dengan sengaja membuang hajatnya di sana, tetapi yang jelas sampah itu masuk dari luar melalui saluran-saluran air yang saling terhubung satu sama lain.

Masalah lainnya bersumber dari petugas kebersihan jalan yang memenangkan tender di UI. Pada dasarnya mereka memang membersihkan jalan, tetapi cara yang digunakan berbahaya bagi lingkungan karena sampah yang dikumpulkan tidak dibuang di tempatnya melainkan dimasukan ke dalam selokan. Akibatnya pasokan sampah yang masuk ke danau semakin banyak. Saya khawatir, danau tersebut mengalami pendangkalan seperti yang terjadi di sungai-sungai di Jakarta.

Bagaimanapun juga UI harus mulai aware dengan lingkungannya sendiri. Bagaimana menutup kemungkinan sampah luar tidak masuk, serta menyerahkan tanggungjawab memelihara lingkungannya kepada yang lebih tepat. Karenaย biaya perawatan dan pemeliharaan lungkungan terbukti mahal dan tidak bisa dilakukan oleh orang yang tidak sadar lingkungan. Jika itu diteruskan hanya untuk menekan biaya pengeluaran, lingkunganlah yang akan menjadi korbannya, cepat atau lambat.

Advertisements

One thought on “Masalah Lingkungan di UI

Any comments? just post!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s