Kembali ke Kebiasaan Semula

Sebulan yang lalu, saya biasa tidur teratur. Hampir selalu di saat jam menunjukkan pukul sembilan, malah kadang kurang. Karena sebulan yang lalu tidak banyak yang harus dikerjakan, paling hanya chatting dengan someone, hehe. Tetapi sekarang sudah tidak liburan, saatnya kembali ke kebiasaan semula.

Jadwal tidur mulai tidak teratur, kadang cukup, kadang lebih banyak kurangnya. Yah, beginilah aktivitas mahasiswa. Terkadang masih harus bergelut dengan tumpukan tugas meskipun saat itu mata mulai sayu, mengantuk, meski saat itu malam Minggu.

Malam ini saya masih mengerjakan design penelitian untuk dilaksanakan beberapa waktu kemudian. Saya harus banyak membaca, juga banyak bertanya terkait literatur yang diperlukan. Hingga waktu menunjukkan pukul setengah satu, dini hari, saya belum juga memejamkan mata. Rasa merasa berdosa jika segalanya belum dikerjakan.

Malam-malam seperti ini tidak akan terjadi hanya pada malam ini saja. Mulai minggu ini hingga minggu-minggu ke depan saya akan menjalani kebiasaan semula, banyak begadang, banyak minum teh dan lebih sering menekuni layar monitor. Kemudian setiap malam, di kamar, hanya akan ada suara keyboard ditekan-tekan dan kadang suara mesin printer mencetak hasil kerja. Ketika semuanya telah tertidur lelap, seperti biasa, saya masih akan terjaga ditemani beberapa tugas saya.

Yah beginilah mahasiswa. Saya. Harus mau dan mampu menanggung konsekuensi dari pilihan yang dibuat di masa lalu. Beberapa tahun yang lalu saya berkomitmen untuk kuliah dan menyelesaikannya dengan gemilang. Maka tidak boleh mengeluh apalagi menyerah bukan. Jadi saya anggap semua ini adalah butir-butir keindahan sebelum tercapainya sebuah impian. Demi masa depan, apapun akan saya lakukan 🙂

Hidup mahasiswa!

2 thoughts on “Kembali ke Kebiasaan Semula

Any comments? just post!

