Ingin Ngeblog yang Santai Saja

Saya ingin ngeblog yang santai-santai saja. Dengan topik yang santai dan dengan bahasa yang santai juga. Masalahnya membuatnya jadi santai itu yang susah. Setiap kali menuliskan sehuah ide, ujungnya jadi membahas yang rumit-rumit.

Misalnya ketika sama-sama ngantre kereta di stasiun, merasakan panas, capek, penuh sesak, lalu ketika rebutan masuk.  Yang mau saya tuliskan sebetulnya mudah, tentang bagaimana sosok kota Jakarta membentuk budaya masyarakatnya. Tapi ya itu, akhirnya jadi sesuatu yang serius. Dari topiknya saja sudah tidak santai. Waini…

Artinya keinginan menulis santaipun tidak bisa sesantai yang saya kira. Tidak bisa sekedar menulis. Harus banyak membaca, memahami, kemudian baru menuliskan ide. Kalau tidak menguasai topik mana bisa menulis, bahkan yang santai sekalipun.

Tulisan inipun saya buat sesantai mungkin. Saya menulisnya tatkala melakukan perjalanan sengan kereta. Tapi nampaknya inipun jadi tidak santai. Memang benar, menulis yang santai pun tidak mudah.

4 thoughts on “Ingin Ngeblog yang Santai Saja

Any comments? just post!

