Sebelum Pagi Pemilu Indonesia

Ketika seseorang memutuskan untuk golput, sebetulnya itupun tidak mudah. Golput adalah ketika orang mungkin tidak ingin menggunakan hak pilihnya sebagai sarana memperburuk keadaan pemerintahan. Ancaman pelanggaran Ham, korupsi, memang jelas di depan mata. Kita sudah bisa menduga apa yang akan terjadi kemudian. Masalahnya dengan tidak memilihpun kondisinya akan sama saja. Kita tetap akan dipengaruhi kebijakan pemerintah terpilih. Tidak ada ruang hidup sendiri bagi golongan putih yang terlepas dari kendali dan campur tangan pemerintahan. Sehingga menjadi golputpun tetap sulit.

Untuk itu sebelum esok hari berlangsung pesta demokrasi, saya terlebih dahulu menimbang-nimbang apakah akan golput  ataukah tidak.

Memilih dan tidak memilih (golput) adalah hak yang tidak bisa diganggu gugat. Oleh karena hak, orang diperbolehkan untuk menikmati dengan caranya masing-masing. Golput tidak dilarang, tanpa perlu datang ke acara pun sah-sah saja. Tapi apakah dengan golput akan relevan dengan keadaan? Sementara kandidat calon pemimpin mungkin dirasa tidak layak pilih, negeri ini perlu seseorang yang akan membawanya ke arah yang lebih baik.

Saya berpikir seandainya saya golput, maka saya tidak memiliki kesempatan memberikan dukungan saya pada negeri ini. Dengan golput maka artinya saya menyerahkan keputusan kepada orang lain yang entah mungkin lebih buruk dari pilihan saya. Dengan golput maka saya berpeluang menyumbang kepada kandidat yang mungkin tidak lebih baik dari yang mungkin saya pilih. Oleh karenanya, sesungguhnya saya tidak ingin golput.

Esok hari mulai diselenggarakan pesta demokrasi. Meskipun belum pasti, saya ingin tetap menghadiri undangan pemilih di Tps terdekat. Kita lihat saja nanti apakah yang akan saya lakukan di bilik pemilih. Yang pasti saya ingin menikmati apa yang telah menjadi hak saya di negara ini. Memilih dan tidak memilih..

Nah, selamat berpesta demokrasi!

One thought on “Sebelum Pagi Pemilu Indonesia

Any comments? just post!

