Menulis Skripsi: Berkarya

Beberapa kali saya ke perpustakaan—ke bagian skripsi, disertasi dan thesis— untuk membaca sekaligus mengamati. Saya ingin menemukan tulisan skripsi yang bagus.

Bagi beberapa orang, membuat skripsi mungkin bukan hal yang terlalu penting. Apalagi dengan adanya kebijakan universitas, bisa menulis, bisa juga tidak. Menulis skripsi menjadi hal yang tidak harus lagi.

Tapi saya ingin menulisnya nanti. Saya ingin menulis yang bagus, yang benar-benar bagus. Untuk itu, mulai dari sekarang saya mulai membaca banyak tulisan skripsi untuk dijadikan referensi.

Sebenarnya menulis skripsi itu tidaklah sulit. Dari yang saya temukan pada tulisan-tulisan skripsi yang saya baca, menulis skripsi itu hanya perlu sedikit ide dan kemauan menulis sedikit lebih lama. Dosen penguji sudah bisa meluluskan. Tidak segan memberikan nilai yang meskipun bukan A. Masalahnya, menulis skripsi yang bagus butuh lebih dari sekedar punya ide dan kemauan menulis. Butuh nurani.

Memang, menulis skripsi yang bagus juga bukan keharusan. Seperti beberapa tulisan skripsi yang saya temukan di perpustakaan misalnya, dengan skripsi semacam itupun orang sudah bisa lulus, kok.Masalahnya apakah kita akan puas hanya dengan sekedar lulus? sekedar menulis? Sayangnya untuk hal-hal semacam ini saya terlalu idealis untuk tidak sama seperti kebanyakan.

Menulis skripsi sama halnya dengan pekerjaannya para seniman, berkarya. Bedanya skripsi adalah karyanya para sarjana, akademisi, bakal ilmuwan. Dari karyanya kita bisa menilai, ilmuwan/akademisi seperti apa kita.

Karena menulis juga berkarya, makanya sekedar menulis blogpun selalu saya upayakan yang terbaik. Bagaimanapun juga berkaya itu haruslah yang terbaik, kan.

Nah, kebetulan. Di Fisip ada pernak-pernik seperti ini tadi. Sebuah kaca dan pelita. Maksudnya: Mari berkaca karya seperti apa yang akan kita punya!

20140508_075841_Antonio

Any comments? just post!

